nusabali

Bupati Hadiri Karya Mlaspas Balai Banjar dan Melanting Banjar Batu Bayan

  • www.nusabali.com-bupati-hadiri-karya-mlaspas-balai-banjar-dan-melanting-banjar-batu-bayan

Krama Banjar Batu Bayan, Desa Taman, Kecamatan Abiansemal  melaksanakan Karya Ngenteg Linggih, Mlaspas, Mendem Pedagingan, dan Caru Rsi Gana menyusul selesainya pembangunan balai banjar dan Pura Melanting.

MANGUPURA, NusaBali
Rangkaian karya ini dihadiri Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi anggota DPRD Badung I Nyoman Dirgayusa, Wakil Ketua DPC PDIP Badung I Bagus Alit sucipta, Camat Abiansemal I Gst Ngr Surya Jaya beserta Tripika Kecamatan serta tokoh masyarakat, Rabu (16/5). Untuk meringankan beban masyarakat, Bupati Giri Prasta menyerahkan bantuan dana upakara sebesar Rp 358 juta.

Bupati Giri Prasta menyampaikan bahwa kebanyakan waktu masyarakat habis di adat, dan dana masyarakat banyak habis untuk melakukan yadnya. Oleh karena itu, pemerintah selalu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk meringankan beban krama.

Di samping itu Bupati Giri Prasta juga menyampaikan pembangunan di Kabupaten Badung berdasarkan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) yang mencakup 5 (lima) program skala prioritas meliputi, pangan, sandang dan papan, kesehatan dan pendidikan, jaminan sosial dan tenaga kerja, seni, adat, agama dan budaya serta pariwisata. “Program prioritas ini telah diimplementasikan melalui kegiatan bedah rumah, pendidikan dengan laptop dan seragam gratis, kesehatan gratis, santunan kematian, santunan penunggu pasien serta PBB gratis. Proses lahir, hidup dan mati dari masyarakat ditanggung oleh Pemkab Badung,” tuturnya.

Ketua Panitia Karya I Nyoman Sukadana melaporkan, Banjar Batu Bayan terdiri dari 46 krama pangarep dan 88 krama pangele. Pelaksanaan karya ngenteg linggih yang puncaknya pada 17 Mei 2018 mendapat dukungan penuh dari Bupati Badung yang memberikan dana hibah sebesar Rp 358 juta. Selain itu untuk pembangunan balai banjar dan Pura Melanting sebesar Rp 1,6 miliar dari APBDes Desa Taman. “Kami krama Batu Bayan sudah sepakat untuk mendukung program pemerintah dan arahan Bapak Bupati Badung,” ucapnya. *

Komentar