nusabali

ST Surya Chandra Gelar Lomba Tari Bapang Barong Buntut

  • www.nusabali.com-st-surya-chandra-gelar-lomba-tari-bapang-barong-buntut

Sekaa Teruna Surya Chandra Banjar Kedewatan, Desa Bongkasa, Kecamatan Abiansemal, akan menggelar lomba Tari Barong Buntut, dalam rangka melestarikan seni dan budaya.

MANGUPURA, NusaBali
Kegiatan lomba sendiri murni diinisiasi oleh para pemuda banjar setempat.Rencananya lomba digelar pada 11-12 Mei 2018 di Pura Dalem Swargan Kedewatan Bongkasa, Kecamatan Abiansemal.

Ketua Panitia I Gusti Agung Gede Winantara, mengatakan para peserta lomba sebanyak 20 orang dari seluruh Bali. “Para peserta mulai dari tingkat SD hingga SMP. Maksimal umurnya 15 tahun,” ujarnya, Selasa (8/5).

Winantara mengatakan, tujuan lomba ini adalah bagian dari pelestarian seni di Desa Bongkasa. “Dulu kami juga sempat melakukan kegiatan serupa yakni lomba Tari Barong dan Tari Jauk. Dan sekarang kami melakukan lomba Tari Barong Buntut. Untuk penjurian kami memilih dua orang yakni I Nyoman Muliawan dan I Putu Gede Surya Negara,” paparnya.

Seluruh juri tersebut, kata Winantara, dipilih dari unsur akademisi yakni dari Institut Seni Indonesia Denpasar. “Begitu juga dengan sistem penjurian lomba menggunakan sistem gugur. Peserta akan pentas hari pertama sebanyak 10 peserta dan di hari berikutnya 10 peserta lagi,” ucapnya. *asa

Komentar