nusabali

Truk Sampah Tersendat Masuk TPA Suwung

  • www.nusabali.com-truk-sampah-tersendat-masuk-tpa-suwung

Belasan truk pengangkut sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung, Denpasar Selatan, sempat tersendat dari pagi hingga siang hari pada, Senin (7/5).

Akibat Tiga Excavator Rusak

DENPASAR, NusaBali
Tersendatnya mobil pengangkut sampah masuk ke TPA Suwung karena tiga mesin excavator yang digunakan untuk mengurai sampah mengalami kerusakan sejak tiga hari yang lalu. Akibatnya puluhan truk yang masih mengangkut sampah terhenti berjejer hingga hampir ke jalan raya.
 
Salah satu sopir truk pengangkut sampah, Wayan Pageh, mengatakan antrean yang terjadi sejak pagi hari sekitar pukul 07.00 Wita karena rusaknya alat berat sejak hari Minggu (6/5). Namun puncak kemacetan terjadi pada Senin pagi karena banyaknya sampah dari limbah rumah tangga pada akhir pekan. Apalagi, saat ini kata dia, pengangkutan harus dilakukan secara berkala dan harus dibuang agar depo di Denpasar tidak meluber.

"Rusaknya sih sejak hari Minggu, tetapi baru tadi pagi berdampak karena sampai mengantre baru mau masuk gerbang TPA. Kalau sore ini sudah lumayan lancar hanya saja harus giliran juga membuang sampahnya. Namun, itu hanya sampai siang saja. Sekarang sudah bisa tapi masih sedikit tersendat juga," ujar pria asli Denpasar ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar, I Ketut Wisada saat dikonfirmasi kemarin tidak menyangkal adanya truk pengangkut sampah di kawasan TPA Suwung mengalami kemacetan panjang. Hal itu terjadi karena tiga alat berat dari lima alat yang dimiliki mengalami kerusakan, sehingga dengan kerusakan tersebut, sampah-sampah yang dibawa truk tersebut belum bisa dilakukan pengangkutan.

Kendati kemacetan sempat terjadi kata Wisada, saat ini pihaknya juga sudah mengupayakan perbaikan agar alat kembali bisa berfungsi. "Harus menunggu diperbaiki supaya bisa dipergunakan kembali. Truk-truk Itu tidak mogok, hanya saja alat beratnya ada yang rusak dan sedang diperbaiki. Sehingga tadi pagi sempat macet, namun sekarang sudah lancar kembali," tandasnya.

Terlihat hingga sore hari, truk-truk sampah tersebut masih mengantre karena masih harus menunggu giliran pembuangan sampah. Bahkan, beberapa truk juga harus bersabar karena lama menunggu hingga seharian untuk membuang satu truk sampah dari Denpasar ke kawasan TPA Suwung. *m

Komentar