nusabali

Tari Makepung Massal Meriahkan Peringatan Hardiknas

  • www.nusabali.com-tari-makepung-massal-meriahkan-peringatan-hardiknas

Apel perayaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang dirangkaikan peringatan Hari Otonomi Daerah di Kabupaten Jembrana dilaksanakan di Stadion Pecangakan Jembrana, Rabu (2/5).

NEGARA, NusaBali
Di apel tersebut dipentaskan Tari Makepung melibatkan 154 orang murid SD dan SMP di Jembrana.Pementasan Tari Makepung massal itu diikuti 22 kelompok, yang masing-masing kelompok terdiri dari tujuh siswa.

Tari Makepung itu merupakan ciptaan maestro jegog, I Ketut Suwentra, dari Lingkungan/Kelurahan Sangkaragung, Kecamatan Jembrana. Tari tersebut menampilkan gerak seperti atraksi pacuan kerbau, Makepung, yang notabene menjadi budaya khas Gumi Makepung atau Kabupaten Jembrana.

Pada apel tersebut bertindak sebagai Inspektur, Bupati Jembrana I Putu Artha, dihadiri Wakil Bupati I Made Kembang Hartawan, anggota Forkopimda Jembrana, kepala OPD Pemkab Jembrana, para guru, dan pelajar SD hingga SMA.

Bupati Artha mengharapkan seluruh komponen yang terkait dengan dunia pendidikan dapat bekerja dengan sebaik-baiknya. “Mudah-mudahan ke depan pendidikan dan revolusi mental bisa benar-benar terealisasi dengan baik, sehingga generasi muda penerus bangsa serta masyarakat kita siap dan mampu bertahan dengan kemajuan tanpa meninggalkan etika dan moral dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” harapnya.

Dalam kaitan otonomi daerah, kata Bupati Artha, penyelenggaraan otonomi daerah di Jembrana saat ini menempati peringkat kedua se-Bali, dan peringkat ke-63 secara nasional dari 397 kabupaten di Indonesia. Karena peringkat tersebut, Jembrana memperoleh Piagam Penghargaan Bintang Dua dari Menteri Dalam Negeri. Meski demikian, Bupati Artha menggarapkan jajaran pemerintahan di Jembrana dapat meningkatkan kinerja untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Seusai apel, Bupati Artha menyerahkan penghargaan kepada siswa berprestasi Olimpiade Sains Nasional. Untuk tingkat SD, diberikan kepada I Made Ngurah Bagus Dwijaputra yang juara pertama mata pelajaran Matematika, dan I Putu Nanda Wira Adnya yang juara pertama mata pelajaran IPA. Sedangkan tingkat SMP, diberikan kepada I Gede Ngurah Bagus Arthayasa yang juara pertama mata pelajaran Matematika, Mochammad Annas Firmansyah untuk mata pelajaran IPA, dan Kadek Anggi Taradita untuk mata pelajaran IPS. Selain itu, juga diberikan bantuan dari Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Jembrana kepada lima murid kurang mampu, 5 panti asuhan, dan 3 siswa penderita sakit kronis. *ode

Komentar