nusabali

Singapura Investor Terbesar Indonesia

  • www.nusabali.com-singapura-investor-terbesar-indonesia

Singapura menduduki peringkat teratas sebagai investor yang paling banyak menanamkan modal di Indonesia sepanjang tiga bulan pertama 2018.

JAKARTA, NusaBali
Jumlahnya mencapai 2,65 miliar dolar AS. Posisi kedua ditempati Jepang 1,36 miliar dolar AS, lalu Korea Selatan 940 juta dolar AS. Keempat China 676,2 juta dolar AS dan kelima Hong Kong 516,1 juta dolar AS.

"Meski posisi China turun satu peringkat, namun secara angka, nilai investasi mereka meningkat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, “kata Deputi Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal Badan Koordinadi Penanaman Modal (BKPM) Azhar Lubis, di Jakarta, Senin 930/4).

Menurutnya, investasi China pada triwulan pertama 2018 (hampir) 700 juta dolar AS. Pada periode yang sama 2017, China di peringkat ketiga dengan 600 juta dolar AS..

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong mengatakan tren peningkatan investasi China terjadi tidak hanya di Indonesia tapi juga seluruh dunia.

China adalah mitra dagang nomor satu dari 121 negara di dunia. Selain itu, negara itu juga menjadi sumber utama wisatawan internasional dari banyak negara dunia, terlebih setelah menjadi ekonomi terbesar di Asia Pasifik. *ant

Komentar