nusabali

BPS Badung Lakukan Pendataan Podes Tahun 2018

  • www.nusabali.com-bps-badung-lakukan-pendataan-podes-tahun-2018

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Badung akan melakukan pendataan Potensi Desa (Podes) tahun 2018 pada Mei mendatang.

MANGUPURA, NusaBali
Pendataan ini dilakukan di seluruh wilayah administrasi pemerintahan setingkat desa meliputi desa, kelurahan, nagari, Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT), dan Satuan Pemukiman Transmigrasi (SPT) yang masih dibina oleh kementerian terkait.

“Pelaksanaan pendataan Podes tahun 2018 kami akan mulai pada 2–30 Mei 2018. Nanti ada 25 petuga dari BPS yang sudah terlatih yang akan melakukan pendataan,” kata Kepala BPS Badung Dewa Made Suambara, Minggu (29/4).

Suambara menyatakan, salah satu tujuan pendataan Podes yaitu menyediakan data tentang keberadaan dan perkembangan potensi yang dimiliki desa/kelurahan meliputi bidang sosial, ekonomi, sarana dan prasarana wilayah. Tujuan lainnya adalah untuk menyediakan data pokok bagi penyusunan statistik wilayah kecil (small area statistics).

Data yang dikumpulkan pada pendataan Podes 2018 di antaranya keterangan umum desa/kelurahan; penduduk dan ketenagakerjaan, perumahan dan lingkungan; bencana alam dan mitigasi bencana alam; pendidikan dan kesehatan; sosial budaya, olahraga, dan hiburan; angkutan, komunikasi, dan informasi; penggunaan lahan; ekonomi; keamanan; keuangan desa dan aset desa; program pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa; keterangan aparatur pemerintah desa/kelurahan.

“Jadi manfaat yang dapat diperoleh dari pendataan ini di antaranya dapat digunakan sebagai bahan analisis kewilayahan terkait potensi ekonomi, sosial, dan sarana/prasarana wilayah di desa/kelurahan. Kedua, dipergunakan dalam evaluasi program yang telah dibuat oleh kementerian/lembaga terkait. Ketiga dapat dipergunakan dalam menyusun kebijakan/strategi berbasis kewilayahan,” jelas Suambara.

Pengumpulan data Podes 2018 di Kabupaten Badung dilakukan dengan wawancara langsung oleh petugas yang sudah dilatih. Wawancara dilakukan dengan aparatur pemerintah desa/kelurahan (perbekel/lurah dan perangkat desa/kelurahan) dan narasumber lain yang berwenang dan relevan (tokoh masyarakat, bidan desa, petugas puskesmas, dan lain-lain). “Nanti dari pendataan Podes 2018 ini akan dilakukan klasifikasi mana desa/kelurahan tertinggal, berkembang, dan mandiri,” tegasnya.

“Kami harapkan dukungan berbagai pihak  untuk suksesnya pelaksanaan pendataan Podes tahun 2018 di Kabupaten Badung. Sukseskan pendataan ini untuk perencanaan pembangunan desa/kelurahan yang lebih baik,” tandas Suambara. *asa

Komentar