nusabali

Investasi di Bali Bakal Berakselerasi

  • www.nusabali.com-investasi-di-bali-bakal-berakselerasi

Bank Indonesia optimistis investasi di Bali mengalami akselerasi hingga tumbuh pada level positif sesuai dengan ekspektasi dunia usaha karena salah satunya didorong penurunan tingkat suku bunga kredit perbankan.

DENPASAR, NusaBali
"Peningkatan investasi ditunjukkan sektor pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan yang naik dari 1,08 persen menjadi 14 persen pada triwulan pertama tahun ini," kata Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Azka Subhan di Denpasar, Kamis (26/4).

Menurut Azka, optimisme tersebut berdasarkan survei dunia usaha yang dilakukan bank sentral itu untuk mengetahui kinerja ekonomi pada triwulan pertama 2018. Dia menjelaskan jika mengacu kepada total investasi, responden juga menunjukkan optimisme membaiknya kinerja dunia usaha pada tiga bulan pertama tahun ini yang terlihat dari peningkatan saldo bersih tertimbang (SBT) investasi sebesar 24,1 persen. Jumlah itu melonjak dibandingkan triwulan keempat tahun 2017 yang mencapai 8,68 persen.

Azka mencatat hanya satu sektor yang mengalami penurunan kinerja yakni listrik, gas dan air bersih dari 0,58 persen menjadi minus 0,44 persen. Bank Sentral itu sejak tahun 2016 telah menurunkan suku bunga acuan 7-Days Repo Rate sebanyak 200 basis poin yang hingga saat ini bertahan pada posisi 4,25 persen.

Dengan membaiknya sektor investasi pada triwulan pertama tahun ini, pemanfaatan tenaga kerja juga mengalami kenaikan menjadi 3,55 persen dari sebelumnya sebesar minus 4,97 persen. Sektor yang mengalami peningkatan untuk penyerapan tenaga kerja yakni pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan yang melonjak signifikan dari 3,37 persen menjadi 12,8 persen pada triwulan pertama ini. "Sektor lain yang mengalami peningkatan penggunaan tenaga kerja adalah sektor bangunan," katanya.

Survei kegiatan usaha merupakan survei yang dilakukan BI secara triwulanan dengan jumlah responden mencapai 134 peserta yang tersebar di seluruh Bali.

Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuisioner baik konvensional maupun langsung dalam jaringan melalui laman BI.*ant

Komentar