nusabali

KPK Sita 5 Jet Ski dan Sejumlah Mobil Mewah

  • www.nusabali.com-kpk-sita-5-jet-ski-dan-sejumlah-mobil-mewah

Geledah rumah Bupati Mojokerto, 2 kardus dan 1 karung uang juga diamankan

MOJOKERTO, NusaBali
Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita 5 unit jet ski dan beberapa mobil mewah dari rumah dinas, villa dan kediaman pribadi Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa (MKP). Barang bukti tersebut kini dititipkan di Mapolsek Magersari, Kota Mojokerto.

Selain jet ski dan mobil mewah, penyidik KPK juga menyita uang tunai dalam jumlah besar dari rumah pribadi Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa (MKP). Uang sebanyak 2 kardus dan 1 karung itu kini diamankan di Mapolsek Magersari, Kota Mojokerto.

Kapolresta Mojokerto AKBP Sigit Dany Setiyono membenarkan adanya titipan uang hasil penyitaan yang dilakukan penyidik KPK. Menurut dia, barang-barang sitaan itu kini ditempatkan di Mapolsek Magersari, Jalan Bypass Mojokerto.

"Polresta sebagai tempat penitipan barang sitaan. Posisinya di Polsek Magersari, ada beberapa barang seperti kendaraan dan uang tunai yang juga dititipkan," kata Sigit kepada wartawan di kantornya, Jalan Bhayangkara, Kamis (26/4) seperti dilansir detik.

Sayangnya, Sigit enggan menyebutkan nilai uang sitaan yang dititipkan KPK di Mapolsek Magersari. "Nilai uang secara detil kami tak bisa menyampaikan, kami hanya backup kegiatan penegakan hukum yang dilakukan KPK," ujarnya.

Khusus uang sitaan KPK, lanjut Sigit, diberikan pengamanan khusus di Mapolsek Magersari. Menurut dia, seluruh barang bukti tersebut akan dibawa ke Jakarta setelah penyidik KPK menuntaskan penggeledahan di Mojokerto.

"(Uang) nanti akan dilanjutkan ke perbankan, tapi semua prosesnya dilakukan KPK," terangnya.

Sementara sumber detik menyebutkan, uang tunai yang disita KPK nilainya diperkirakan mencapai puluhan miliar rupiah. Uang tersebut dikemas dengan 2 kardus bekas bungkus televisi tabung dan 1 karung.

"Uang itu disita dari rumah pribadi Bupati MKP di Desa Tampungrejo (Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto) kemarin malam," tegas sumber tersebut.

Selain uang tunai, penyidik KPK juga menyita 5 unit jet ski merk BRP Seadoo, 2 mobil mewah, 3 mobil MPV, 1 pikap, serta 2 sepeda motor milik Bupati MKP. Kendaraan tersebut disita dari rumah dinas bupati di Jalan A Yani, rumah pribadi bupati di Desa Tampungrejo, Puri, serta villa pribadi bupati di Dusun Treceh, Desa Sajen, Pacet.

Kendaraan yang disita KPK terdiri dari Land Rover Range Rover Evoque Si.4 warna merah nopol L 1213 HX, Subaru Symmetrical AWD WRX warna putih nopol S 1168 P, Toyota Kijang Innova warna hitam nopol L 1724 YY, Toyota Kijang Innova warna abu-abu nopol S 1020 N, Honda CRV Prestige warna hitam nopol S 1001 NB, Yamaha Nmax, Honda Sonic, serta pikap Daihatsu Gran Max 1.5 VVT-i putih nopol S 8021 NC.

Hingga kemarin, KPK belum menjelaskan mengenai alasan penggeledahan di kantor Pemkab Mojokerto, Jawa Timur. "Nanti pada waktunya ada konferensi pers," kata Ketua KPK Agus Rahardjo, Kamis (26/4). *

Komentar