nusabali

Gangguan Server Hambat Sesi Pertama

  • www.nusabali.com-gangguan-server-hambat-sesi-pertama

Hari pertama ujian nasional (UN) SMP di Kabupaten Jembrana, Senin (23/4), secara umum berjalan lancar.

UNBK SMP di Kabupaten Jembrana

NEGARA, NusaBali
Namun sejumlah SMP yang melaksankan ujian nasional berbasis komputer (UNBK), sempat dihadapakan gangguan server dari pusat. Meski tidak berlangsung lama, dan hanya terjadi ketika sesi pertama, siswa peserta sesi pertama yang tidak sempat menuntaskan jawabannya, akhirnya melanjutkan kembali pada sesi kedua.

Seperti terjadi di SMPN 1 Negara yang mengikuti UNBK di SMKN 1 Negara. Pada sekitar pukul 09.25 Wita, atau menjelang 5 menit berakhir sesi pertama, server mendadak terputus. Ketika terjadi gangguan server itu, diketahui satu peserta belum selesai menjawab soal terakhir, dan tidak dapat log out. Karena terjadi gangguan server itu, siswa bersangkutan harus mengikuti sesi kedua untuk menuntaskan jawabannya. “Hanya 5 menit, dan 1 peserta saja di sesi pertama. Kalau yang lainnya, sudah selesai. Yang satu siswa itu dapat melanjutkan jawaban soal terakhir ketika server dibuka kembali saat sesi kedua,” ujar Kepala SMPN 1 Negara Made Riantori, Senin kemarin.

Menurut Riantori, di SMPN 1 Negara ada sebanyak 427 peserta yang dibagi menjadi tiga sesi. Untuk sesi kedua dan ketiga, tidak ada gangguan server. “Yang jelas, semua berjalan lancar sesuai jadwal. Hanya gangguan server menjelang akhir sesi pertama. Sama juga tadi terima laporan di SMP lain yang mengikuti UNBK, juga sempat terkendala gangguan server sesi pertama, tetapi sudah segera diatasi. Masalah server itu memang dari pusat, dan untungnya tadi cuma sebentar,” ujar Riantori yang Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Jembrana.

Sementara Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Dikporaparbud Jembrana Dewa Putu Wardana, mengatakan ada sebanyak 4.854 siswa dari 25 SMP dan 11 MTs se-Jembrana yang mengikuti UN tahun ini. Dari jumlah tersebut, 2.197 siswa dari 5 SMP dan 11 MTs mengikuti UNBK. Sedangkan 20 SMP lainnya, mengikuti UN berbasis kertas dan pencil. Sebagian besar SMP/MTs yang melaksanakan UNBK itu, menumpang di beberapa SMA/SMK/MAN. “Sesuai laporan, sempat ada gangguan server, tetapi hanya sebentar. Secara umum lancar,” ujarnya. *ode

Komentar