nusabali

Gangguan Listrik Tetap Diwaspadai

  • www.nusabali.com-gangguan-listrik-tetap-diwaspadai

Hari ini, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) digelar.

Hari Ini UNBK/UNKP SMP Digelar


DENPASAR, NusaBali
Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar memastikan tidak ada kendala dalam persiapan menjelang ujian berlangsung, baik dari segi server listrik hingga aplikasi yang digunakan oleh siswa di 46 SMP yang akan melaksanakan ujian.

Kabid SMP Disdikpora Kota Denpasar, Anak Agung Gede Wiratama saat dikonfirmasi, Minggu (22/4) mengatakan, untuk ujian yang akan dilaksanakan hari ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan masing-masing sekolah terutama pelaksanaan UNBK. Kesiapan pun sudah hampir mencapai 99 persen baik dari kesiapan alat bahkan kesiapan mental siswa untuk menghadapi ujian.

Kata Wiratama, yang paling rentan dalam ujian harus diantisipasi yakni listrik pada UNBK karena setiap kali bisa saja terjadi gangguan. "Untungnya ada PLN yang sudah kami ajak kerjasama untuk menyiapkan petugas Satgas setiap kali ada gangguan yang terjadi. Kami tidak memungkiri kejadian-kejadian ya g diluar dugaan bisa saja terjadi. Namun kami sudah berupaya mengantisipasi itu," jelasnya.

Lanjut dia, jika pun nantinya juga ada kendala server pada pusat seperti yang terjadi saat uji coba, pihaknya tetap melakukan koordinasi dengan pusat melalui grup WhatsApp. "Kalau itu masalah dari pusat kami juga tidak bisa ngambil keputusan apa-apa kecuali menunggu apa arahan dari pusat. Itu yang kami takutkan, jika memang disuruh mengundur waktunya ya kami harus taati perintah pusat," imbuhnya.

Menurut Wiratama, saat ini yang mengikuti UNKP sebanyak 8.219 siswa sedangkan Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK) yang pelaksanaannya bersamaan sebanyak 5.223. Jumlah siswa tersebut sudah dipersiapkan dari masing-masing sekolah baik dari mental dan kesiapannya untuk mengikuti ujian, sehingga seluruh siswa bisa mengikuti ujian dengan baik, dan tenang dalam mengerjakan soal.

"Para guru di setiap sekolah juga sudah mempersiapkan muridnya dari sebelum melaksanakan ujian. Mereka sudah dilatih mengerjakan soal-soal tryout. Yang mengikuti UNKP dan yang UNBK juga sudah sempat diberikan pelatihan, baik dari segi penggunaan komputer maupun mengerjakan soal dalam komputer. Semoga tidak ada kendala kedepannya," harapnya. *m

Komentar