nusabali

Pelabuhan Padangbai Sepi Penumpang

  • www.nusabali.com-pelabuhan-padangbai-sepi-penumpang

Arus penumpang di Pelabuhan Padangbai, Banjar Segara, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem pada H+1 atau Ngembak Nyepi, Minggu (18/3) relatif sepi.

AMLAPURA, NusaBali
Penumpang yang lalulalang bisa dihitung dengan jari. Bahkan KMP Swarna Cakra, kapal pertama yang tiba di Dermaga I Pelabuhan Padangbai hanya menurunkan delapan truk tanpa penumpang pejalan kaki.

Pantauan di Pelabuhan Padangbai, setelah KMP Swarna Cakra disusul KMP Putri Yasmin, KMP Marian Tertera, dan KMP Nusa Penida yang semuanya sandar di Dermaga II. Ketiga kapal ini hanya menurunkan belasan penumpang. Situasinya lengang tanpa antrean. Belum ada lonjakan arus balik setelah Hari Raya Nyepi. Baik yang turun di Pelabuhan Padangbai maupun yang hendak berangkat berlayar menuju Pelabuhan Lembar, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sama-sama lengang. Meski demikian, Tim Terpadu yang bertugas memeriksa identitas penumpang berupa KTP, tetap bersiaga melakukan pemeriksaan setiap penumpang yang baru turun dari kapal.

Informasi dari Kantor Kesyahbandaraan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Padangbai mengoperasikan 34 kapal. Tiga kapal lainnya yakni KMP Putri Gianyar, KMP Rama Giri Nusa, dan KMP Gemilang VIII masuk dok. Jadwal kapal berangkat setiap 1,5 jam, hal itulah yang menyebabkan tidak terjadi antrean penumpang di parkir Pelabuhan Padangbai. Di samping kedua dermaga difungsikan, ditambah cuaca di Selat Lombok bersahabat. Berdasarkan ramalan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, langit berawan dengan tinggi gelombang bagian selatan berkisar 0,5 meter hingga 1,5 meter dengan kecepatan angin 2-10 knot dari arah barat ke tenggara.

Sedangkan Selat Lombok bagian utara juga langit berawan dengan tinggi gelombang 0,5 meter-1 meter, kecepatan angin 2-10 knot dari barat daya ke timur laut. Kepala Jaga Kantor Kesyahbandaraan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Padangbai, I Made Wendra, mengatakan sejak dioperasikan kembali Pelabuhan Padangbai pukul 08.00 Wita penumpang masih sepi. “Baik penumpang yang datang maupun yang hendak berlayar sepi,” kata Wendra. Meski penumpang sepi, petugas Polsek Kawasan Laut Padangbai tetap bersiaga di lima pos dipimpin Kapolsek Kompol Ida Bagus Nyoman Budiasa. *k16

Komentar