nusabali

ITDC Gelar Pelatihan Masak bagi Pedagang Pantai

  • www.nusabali.com-itdc-gelar-pelatihan-masak-bagi-pedagang-pantai

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) akan menggelar pelatihan memasak bagi Paguyuban Pedagang Pantai Nusa Dua. 

MANGUPURA, NusaBali
Dalam pelatihan memasak ini, ITDC menggandeng Indonesian Chef Association (ICA) BPD Bali. Kegiatan pelatihan memasak ini digelar di areal Pantai The Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung pada Minggu (18/2). Pelatihan akan berlanjut pada 25 Februari, 4 Maret, 11 Maret, 23 Maret dan 24 Maret.

Managing Director ITDC I Wayan Karioka saat dikonfirmasi, Jumat (16/2), mengungkapkan pemberian pelatihan memasak itu merupakan bagian dari upaya memberdayakan komponen penopang tak langsung di kawasan The Nusa Dua. 

Karioka mengaku ada dua paguyuban yang akan dilatih memasak yakni Paguyuban Peninsula dan Paguyuban Sekar Sari. Pelatihan memasak itu dibagi dalam beberapa kelompok dan kelas. Para peserta akan diajarkan membuat signature dish atau masakan khas yang akan dijual di masing-masing warung. 

“Khusus di kawasan The Nusa Dua ini pendukung SDM yang langsung (yang di hotel) sekitar 10.000 orang. Pendukung tak langsung sekitar 1.000 orang. Artinya 10 persen dari operasional The Nusa Dua terkait dengan pedagang asongan, taksi, massage, dan sebagainya. Para wisatawan tak hanya tergantung pada pendukung langsung tetapi juga tenaga tak langsung. Untuk membantu operasional turis kami berupaya untuk memberdayakan pedukung tak langsung ini,” ungkap Karioka.

Program pelatihan yang diselenggarakan ini ungkap Karioka, merupakan upaya peningkatan motivasi dan kapasitas para pelaku pariwisata yang berada di kawasan The Nusa Dua. ITDC memandang penting kerjasama dengan paguyuban pedagang pantai karena mereka merupakan ujung tombak pelayanan pariwisata dan garda depan dalam mempromosikan kawasan pariwisata The Nusa Dua. Seusai pelatihan ini, ia berharap para pedagang mampu meningkatkan kualitas pelayanannya. Sehingga berdampak positif pada kepuasan dan nilai jual kawasan di mata wisatawan. Dengan demikian akan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke The Nusa Dua. 7 p

Komentar