nusabali

Lubang Menganga, Telan Kendaraan dan Gedung

  • www.nusabali.com-lubang-menganga-telan-kendaraan-dan-gedung

Sebuah lubang menganga berukuran raksasa tiba-tiba muncul di tengah gedung yang ada di distrik Balduina, Roma, Italia. 

ROMA, NusaBali
Beberapa mobil masuk ke dalam lubang ini dan sejumlah warga setempat terpaksa dievakuasi ke tempat aman.
 
Seperti dilansir detik dari CNN, Jumat (16/2), lubang ini mulai muncul di kawasan Via Livio Andronico, distrik Balduina, Roma pada Rabu (14/2) petang sekitar pukul 18.00 waktu setempat. Tim petugas pemadam Italia mendapat laporan dan langsung bergegas ke lokasi.
 
Lubang menganga itu muncul di area yang menjadi lokasi jalan raya juga gedung publik. Beberapa bagian bangunan dan sejumlah mobil jatuh ke dalam lubang itu lalu tertimbun tanah yang ambles.
 
"Jalanan ambles sedalam 10 meter, menyeret kendaraan-kendaraan yang diparkir ke dalamnya," demikian pernyataan Dinas Pemadam Kebakaran setempat.
 
Dilaporkan sekitar 22 keluarga dievakuasi dari gedung-gedung sekitar lokasi. Tidak ada laporan korban luka dalam insiden ini.
 
Pada Kamis (15/2) pagi waktu setempat, petugas pemadam masih melakukan pemeriksaan keamanan dan kestabilan tanah di lokasi, dengan bantuan para teknisi. Insiden ini memicu pertanyaan soal protokol keselamatan bangunan di ibu kota Roma.
 
Televisi lokal Italia, RAI News, melaporkan lubang menganga itu tiba-tiba muncul di dekat sebuah lokasi proyek pembangunan. Dilaporkan sejumlah gedung permukiman sedang dalam tahap pembangunan di area itu.
 
Sebelum insiden ini terjadi, sejumlah warga mengeluhkan kepada otoritas setempat soal retakan yang muncul di jalanan. Pengacara Giancarlo De Capraris yang mewakili warga menyebut keluhan dan laporan warga itu diabaikan.
 
"Dalam tiga bulan terakhir, saya mengajukan laporan kepada Carabinieri (Kepolisian Nasional Italia) dan dinas pemadam kebakaran. Semuanya tetap tidak dipertimbangkan. Saya memberi tanda pada retakan di permukaan jalan yang setiap hari menjadi semakin dalam dan terus berlanjut dilewati kendaraan-kendaraan berat. Ini bencana yang menunggu waktu," ucapnya kepada surat kabar setempat, La Repubblica.
 
Dituturkan salah satu warga setempat kepada RAI News bahwa lantai rumahnya bergetar selama beberapa hari terakhir, sebelum lubang itu muncul. Menanggapi insiden ini, Wali Kota Roma, Virginia Raggi, menuturkan kepada kantor berita ANSA bahwa: "Pihak yang bertanggung jawab akan membayarnya." 7

Komentar