nusabali

Wiski Berusia 50 Tahun Laku Rp 4 M

  • www.nusabali.com-wiski-berusia-50-tahun-laku-rp-4-m

Saat harga wiski terus mengalami kenaikan dan pasar wiski mewah terus berekspansi, wiski asal Jepang mencatatkan rekor baru pada akhir Januari lalu.

HONG KONG, NusaBali
Wiski berusia 50 tahun yang dimasukkan dalam sebuah botol buatan 2011 dengan merek Yamazaki menjadi botol wiski Jepang termahal. Minuman alkohol itu terjual dalam lelang senilai 299.000 dollar Amerika Serikat atau Rp 4 miliar di Hong Kong.
 
Dilansir kompas dari The Japan Times, Kamis (1/2), pencapaian rekor tersebut juga disebabkan kelangkaan botol yang memiliki tanda tangan dari peraciknya. Wiski tersebut terjual dua kali lipat dari angka yang diperkirakan sebelumnya.
 
"Harga tersebut merupakan pencapaian tertinggi dari semua botol wiski asal Jepang yang pernah terjual," kata Paul Wong, pakar minuman anggur Asia.
 
Forbes melaporkan penjualan wiski tersebut sekaligus menandai pasar penjualan wiski mewah yang semakin diminati.
 
Rekor sebelumnya tercatat pada Oktober 2016, ketika botol buatan 2006 memuat wiski Yamazaki 50 tahun terjual seharga 129.000 dollar AS.
 
Satu lagi tonggak sejarah penjualan wiski Jepang terjadi pada April 2017. Koleksi wiski terbesar di dunia terdiri dari 296 botol dari penyulingan Karuizawa terjual senilai lebih dari 1 juta dollar AS atau Rp 13,4 miliar. *

Komentar