nusabali

Nikolas Sila Berlaga di Lombok Marathon

  • www.nusabali.com-nikolas-sila-berlaga-di-lombok-marathon

Pelari jarak jauh Bali Nikolas Albinus Sila mamasang target juara pada Kejuaraan Lombok Marathon, di Mataram, Minggu (28/1) besok.

JAKARTA, NusaBali

Selain Nikolas, atlet Pulau Dewata lain yang ikut serta adalah Samgar Kamlasi. "Persaingan di kejuaraan tersebut memang berat, tapi saya optimis meraih juara pertama," kata Nikolas, Jumat (26/1).

Nikolas mengatakan, persaingan tidak hanya dari atlet pelatnas saja. Melainkan dari luar negeri dan sejumlah provinsi di tanah air.  Mereka antara lain atlet dari Jateng, Sumsel, Sumbar dan DKI Jakarta.

Kejuaraan nantinya berlangsung di kawasan wisata pantai Senggigi. Lokasi itu, tidak asing bagi atlet yang memperkuat Indonesia di SEA Games 2013. Tahun lalu ia pernah mengikuti kejuaraan tersebut. Medan disana bervariasi. Ada tanjakan dan menurun.

"Tempat kejuaraannya ada di jalan raya, lalu masuk ke kampung-kampung dan melintasi daerah wisata pantai Senggigi," jelas Nikolas.

Tahun lalu,  Nikolas menempati posisi kedua dengan catatan waktu 2 jam 38 detik. Sementara peringkat pertama ditempati teman yang pernah satu pelatnas, Yahuza dari Bangka Belitung.

Namun tahun ini, Nikolas ingin memperbaiki prestasi serta mempertajam catatan waktunya. Ia berharap dengan menjadi juara bisa dilirik masuk pelatnas kembali.

"Saya berharap masuk pelatnas lagi. Salah satunya dengan menjadi juara disini, karena menunjukkan kita siap," papar Nikolas.

Bagi Nikolas, untuk meraih prestasi di marathon tidak hanya berpatokan kepada usia saja. Melainkan pada kesiapan atlet bersangkutan. Jika atlet siap menghadapi pertandingan, peluang meraih juara sangat besar.

"Diluar negeri, juara dunia di marathon berusia 40 tahun. Mereka bisa seperti itu, karena siap menghadapi pertandingan. Jadi umur tidak terlalu berpengaruh. Ini membuat saya optimis menang dan masuk ke timnas," kata Nikolas.

Guna berlaga di Lombok Marathon Nikolas mempersiapkan diri selama tiga minggu. Durasi itu, memang belum memenuhi kriteria lantaran atlet marathon seharusnya mempersiapkan diri selama tiga atau enam bulan.

Waktu digunakan untuk masa transisi, persiapan umum, persiapan khusus dan pra kompetisi. Berhubung persiapan hanya tiga minggu membuat Nikolas langsung ke persiapan pra kompetisi. *k22

Komentar