nusabali

TP4D: Pembangunan Tahap I Pasar Badung Rampung

  • www.nusabali.com-tp4d-pembangunan-tahap-i-pasar-badung-rampung

Ketua Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri Denpasar, Agus Sastrawan, menyatakan tahap pertama pembangunan Pasar Badung, Kota Denpasar, sudah rampung 100 persen, setelah pihaknya melakukan pengecekan pembangunan pasar pasca-terbakar.

DENPASAR, NusaBali
"Setelah dilakukan pengecekan bersama tim pengawasan pada 15 Desember 2017, dapat disimpulkan bahwa pembangunan fisik secara keseluruhan proyek Pasar Badung tahap pertama telah rampung 100 persen dengan anggaran mencapai Rp75.010.998.000," kata Agus Sastrawan kepada pers di Denpasar, Senin (8/1).

Ia mengatakan dengan pengerjaan tersebut merupakan pencapaian positif yang dapat menjadi contoh baik bagi instansi di lingkungan Pemkot Denpasar maupun di daerah lain. "Kami turut memberikan apresiasi kepada seluruh tim pembangunan tahap pertama Pasar Badung atas kerja kerasnya sehingga serah terima proyek dapat dilakukan lebih cepat dengan tetap memperhatikan kualitas dari proyek tersebut," katanya.

Dalam pembangunan tahap pertama Pasar Badung, katanya, TP4D Kejaksaan Negeri Denpasar menjadi salah satu mitra yang dilibatkan sejak awal, yakni mulai dari perencanaan, pengawasan lelang, pengerjaan fisik bangunan, hingga serah terima dan selesai 100 persen.

Dari awal hingga serah terima proyek, Agus Sastrawan mengatakan secara keseluruhan pelaksanaan pembangunan tahap pertama Pasar Badung telah sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Menurut dia, pembangunan tahap pertama Pasar Badung pernah mengalami titik kesulitan, seperti masih tersisanya bongkahan beton sisa pembongkaran dan adanya erupsi Gunung Agung yang menyebabkan terjadi kelangkaan material.

Namun, kata dia, pihak penyedia justru mampu menyelesaikan dalam waktu yang lebih cepat. Kerja keras tim pembangunan patut di apresiasi.

Agus Sastrawan berharap pencapaian tim pembangunan tahap pertama Pasar Badung yang turut bekerja sama dengan TP4D dapat menjadi contoh pelaksanaan pembangunan fisik, baik di lingkungan Pemkot Denpasar maupun di luar Pemkot Denpasar.

Ketua Tim Pembangunan Tahap Pertama Pasar Badung yang juga Asisten II Bidang Perekonomian Pemkot Denpasar, Nyoman Ngurah Jimmy Sidarta bersama Kadis Perindag Kota Denpasar I Wayan Gatra mengatakan bahwa lingkup pekerjaan pembangunan tahap pertama itu meliputi pengerjaan lantai bawah (basement I), pengerjaan basement II, pengerjaan lantai dasar dengan jumlah meja los 459 unit, dan pengerjaan struktur lantai I dan II.

Sementara untuk kendala-kendala yang sempat disoroti Dewan Denpasar, pihaknya mengatakan pekerjaan tersebut masuk dalam pemeliharaan dalam jangka satu tahun. “Pada prinsipnya pembangunan fisik Pasar Badung tahap I telah selesai dilaksanakan pada tanggal 21 Desember 2017 melalui dana APBD dan APBN TP sesuai dengan volume pekerjaan yang tercantum dalam kontrak baik struktur maupun yang lainya,” jelas Jimmy didampingi Direktur PD Pasar IB Kompyang Wiranata. *ant, m

Komentar