nusabali

Malam Pergantian Tahun Diprakirakan Mendung

  • www.nusabali.com-malam-pergantian-tahun-diprakirakan-mendung

Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar memprakirakan dalam beberapa hari ke depan cuaca di seluruh wilayah Bali terjadi hujan ringan hingga sedang.

MANGUPURA, NusaBali

Khusus untuk malam pergantian tahun 2017 pada Minggu (31/12) malam, cuaca seluruh wilayah Bali mendung atau berawan. Tetapi pada saat dini hari 1 Januari 2018 ada potensi terjadi hujan ringan hingga sedang di wilayah Bali selatan. Sementara untuk wilayah Bali tengah, utara, barat, dan timur diprakirakan berawan.

Lia, prakirawati BBMKG Wilayah III Denpasar, mengungkapkan jika dilihat dari atmosfer beberapa hari belakangan terjadi kelembaban udara. Kelembaban udara menimbulkan pertumbuhan awan yang cukup baik. Kondisi ini didukung oleh suhu muka laut hangat yang membuat penguapan cukup tinggi.

“Potensi terjadi hujan ringan itu hanya terjadi pada wilayah Bali selatan. Dalam prakiraan dua hari ke depan ada daerah belokan angin yang bisa menyebabkan pertumbuhan awan-awan hujan di daerah Bali. Oleh karena itu kami memprakirakan pada saat dini hari malam tahun baru wilayah Bali ada potensi hujan sedang hingga lebat,” tuturnya, Jumat (29/12).

Sementara ketinggian gelombang laut untuk sepekan ke depan, wilayah Bali selatan, BBMKG warning karena ketinggian gelombang mencapai ketinggian lebih dari 2 meter. Hal ini perlu diwaspada oleh pelaku wisata bahari, para nelayan, ataupun yang lainnya yang hendak melakukan pelayaran di wilayah Bali selatan seperti Selat Bali, Selat Lombok bagian selatan.

“Tinggi gelombang di perairan utara Bali berkisar 0,25 hingga 1,5 meter. Perairan selatan, perairan Selat Lombok, dan Selat Bali setinggi 0,75 hingga 3,0 meter. Perlu diketahu cuaca bisa berubah-ubah dalam setiap saatnya. Oleh karenanya kami berharap masyarakat tetap mengikuti perkembangan informasi dari BMKG,” kata Lia. *p

Komentar