nusabali

Enam Kebutuhan Mendesak Pengungsi

  • www.nusabali.com-enam-kebutuhan-mendesak-pengungsi

Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali menyebut ada enam kebutuhan mendesak yang dibutuhkan para pengungsi erupsi Gunung Agung.

PMI Bali Siapkan Para Relawan


DENPASAR, NusaBali
Karenanya, di penghujung tahun 2017, selain merayakan HUT ke-54, PMI Provinsi Bali juga menggelar penyerahan bantuan solidaritas Gunung Agung sekitar Rp 117 juta.

Ketua PMI Provinsi Bali, I Gusti Bagus Alit Putra, mengatakan, enam kebutuhan dasar yang sifatnya mendesak dibutuhkan oleh para pengungsi diantaranya layanan air bersih (sanitasi), pembangunan sarana MCK, hunian selter tenda pengungsi, layanan kesehatan, mengembalikan kejiwaan para pengungsi, dan layanan pendidikan.

"Ketersediaan air bersih untuk mandi dan minum sangat sering dibutuhkan saat berada di pengungsian. Selain itu pelayanan kesehatan juga sangat dibutuhkan para pengungsi apabila terjadi luka dan sakit. Sehingga PMI juga turut membantu menyiapkan relawan untuk membantu petugas kesehatan di lapangan," ungkapnya, kemarin.

Sejak status gunung tertinggi di Bali ditetapkan menjadi level awas oleh PVMBG, ribuan relawan PMI, kata Alit Putra, sudah  diturunkan untuk membantu para pengungsi di seluruh titik-titik posko pengungsi. Dia menerangkan, kesiapan dan kesiagaan PMI Bali yang jelas fokus kedepan menghadapi erupsi bencana Gunung Agung. Tentunya ketika terjadi letusan besar, maka jaringan PMI yang begitu luas volunter PMI nasional yang akan membantu. Selain itu PMI internasional pun akan terlibat langsung dalam penanganan korban bencana alam erupsi gunung agung.

"Relawan PMI yang yang diterjunkan di lapangan bekerja selama 24 jam di posko-posko pengungsian. Jadi ketika ada pengungsi yang membutuhkan layanan kesehatan dan lainnya. Kami siap siaga melayani," imbuhnya.

Disinggung soal stok darah yang ada di PMI, saat ini stok darah dari semua golongan darah masih dalam kategori aman. Pertahun PMI siapkan 45 ribu kantong darah untuk memenuhi kebutuhan darah yang diperlukan di seluruh Bali.

"Sementara untuk pengungsi Gunung Agung yang membutuhkan kantong darah, kami siapkan di unit transfusi di posko-posko pengungsian. Sehingga memudahkan bagi pengungsi yang membutuhkan kantong darah," tandasnya. *ind

Komentar