nusabali

Panitia Pembangunan Majaya-jaya di Pura Nangka

  • www.nusabali.com-panitia-pembangunan-majaya-jaya-di-pura-nangka

Panitia pembangunan Pura Penataran Nangka, Desa Pakraman Nangka, Desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem, Karangasem majaya-jaya di pura setempat pada Anggara Kliwon Medangsia, Selasa (21/11).

AMLAPURA, NusaBali

Upacara majaya-jaya dipuput dua sulinggih yakni Ida Pedanda Gede Jelantik Karang dan Ida Pedanda Gede Pinatih Pasuruan. Usai majaya-jaya dilanjutkan mendem banten memakuh di setiap lubang dasar bangunan.

Prosesi upacara majaya-jaya terbagi delapan tahapan yang dikoordinasikan oleh Panitia Bidang Upacara, Ida Wayan Jelantik Oyo. “Majaya-jaya bertujuan agar semua unsur Panitia Pembangunan Pura Penataran Nangka tidak menemui hambatan saat melaksanakan tugas menyelesaikan program pembangunan,” jelas Ida Wayan Jelantik Oyo. Dikatakan, setiap anggota Panitia Pembangunan Pura Penataran Nangka wajib ikut upacara mabiakala agar terhindar dari pengaruh-pengaruh beragam musuh yang melekat dalam diri.

Ketua Panitia I Gusti Made Tusan mengatakan, panitia pembangunan nantinya bekerja melanjutkan pembangunan sebelumnya. Bangunan yang jadi program panitia yakni di jaba tengah dan jaba pisan. “Target tuntas Agustus 2018. Sudah banyak ada punia, tinggal pengerjaannya,” kata I Gusti Made Tusan. Hadir di upacara itu Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri dan Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa beserta sejumlah pimpinan OPD, Bendesa Pakraman Nangka I Ketut Oka, pamangku di Pura Penataran Nangka Jro Mangku Jelantik dan Ida Mangku Segara, beserta para pangayah. *k16

Komentar