nusabali

Koramil Tuntaskan 12 Unit Jamban KK Miskin

  • www.nusabali.com-koramil-tuntaskan-12-unit-jamban-kk-miskin

Koramil 1616-06/Tegallalang, Gianyar telah menuntaskan pembangunan12 unit jamban untuk KK miskin di Kecamatan Tegallalang.

GIANYAR, NusaBali

Jamban yang berhasil dibangun ini mendukung program sejuta jamban oleh jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI). Danramil Tegallalang Kapten Arh Pande Made Sudarta menjelaskan, karya bakti dengan membuat jambanisasi ini salah satunya dilakukan di rumah petani I Made Regit, 49, di Banjar Tumbakasa, Desa Sebatu, Kecamatan Tegallalang. Diungkapkan, program jambanisasi yang berkolaborasi dengan pihak desa terkait serta bantuan donatur ini sangat dinantikan oleh masyarakat. “Cukup banyak masyarakat yang meminta untuk dibuatkan jamban. Tapi karena keterbatasan, baru 12 yang terealisasi. Mudah-mudahan ke depan semakin banyak yang bisa dibantu,” jelasnya.

Selain pembangunan fisik, pihaknya juga mengedukasi masyarakat desa terkait sanitasi. “Seperti diketahui, masyarakat di pedesaan masih dominan melakukan MCK (mandi cuci kakus) di sungai. Ini perlahan kami edukasi, minimal supaya tidak BAB (buang air besar) sembarangan,” jelas tentara asal Desa Peliatan Ubud ini.

Karya bakti jambanisasi ini, kata Sudarta, merupakan program TNI dalam mendukung pemerintah dalam hal menjaga kebersihan lingkungan. Program ini dinamakan Sejuta Jamban dengan harapan, tahun 2019 nanti tidak ada lagi masyarakat Indonesia yang buang air besar (BAB) sembarangan.

Turut mendukung program sejuta jamban ini, Danramil 1616-01/Gianyar Kapten CHB I Wayan Suargita. Hingga kini, pihaknya telah merampungkan 8 unit jamban bagi masyarakat kurang mampu di Kecamatan Gianyar. Teranyar, dibuatkan jamban untuk keluarga seorang buruh Dewa Putu Jaya Kusuma, 49, di Banjar Kabetan Kelod Desa Babakan Kecamatan Gianyar. *nvi

Komentar