nusabali

Logistik Mulai Didistribusikan

  • www.nusabali.com-logistik-mulai-didistribusikan

Seluruh logistik sudah harus sampai di 11 desa penyelenggaran Pilkel pada Senin (25/9) atau H-3.

Pilkel Serentak


SINGARAJA, NusaBali
Seluruh logistik pemilihan perbekel (Pilkel) serentak gelombang II Tahun 2017, siap didistribusikan mulai Sabtu (23/9) besok. Seluruh logistik sudah harus berada di masing-masing desa yang selenggarakan Pilkel H-3 jelang coblosan.

Pilkel serentak gelombang II diikuti oleh 11 desa, dengan jadwal coblosan berlangsung serentak pada Rabu(27/9). Sehingga seluruh logistik sudah sampai di 11 desa penyelenggaran Pilkel pada Senin (25/9). Panitia Kabupaten pun berencana gelar rapat internal setelah seluruh logistik sampai. “Nanti kita rapatkan seluruh panitia kabupaten, kita evaluasi kesiapan dan memastikan seluruh rencana berjalan lancar,” terang Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten, I Gede Sandhiyasa, Kamis (21/9).

Dikatakan, untuk keperluan logistik seluruh sudah siap, tinggal didistribusikan seluruhnya mulai besok. Logistik yang didistribusikan itu meliputi surat suara, tinta, bantalan dan paku coblosan termasuk beberapa formulir. “Seluruhnya (logistik) akan kita distribusikan hari Sabtu. Semua logistik sudah siap,” kata Sandhiyasa.

Panitia kabupaten sendiri sudah sempat didistribusikan logistik ke seluruh desa selenggarakan Pilkel sejak 13 Juli 2017 lalu. Hanya saja, logistik yang didistribusikan baru sebatas kartu pemilih sebanyak 53.979 lembar sesuai dengan jumlah DPT. “Kalau kartu pemilih sudah kita kirim ke masing-masing desa. Ini lebih awal agar panitia di desa menyeleksi lagi, termasuk harus mencocokan dan mengisi nama pemilih, sehingga panitia di desa punya waktu yang cukup,” terangnya.

Total logistik surat suara yang dikirima nanti mencapai 53 ribu, dengan tambahan cadangan sebanyak 2,5 persen, sehingga total kebutuhan surat suara sebanyak 55 ribu lembar. Disebutkan, surat suara sudah selesai dilipat, kemudian kotak suara dan bilik juga sudah siap. “Yang jelas tiga hari sebelum pencoblosan seluruh logistik sudah ada di masing-masing desa,” ujar Sandhiyasa.

Dari 11 Desa yang gelar Pilkel, jumlah calon terbanyak maksimal tercatat 4 desa masing-masing Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula, Desa Tukadmungga, Kecamatan Buleleng, Desa Musi dan Desa Banyupoh, Kecamatan Gerokgak. Sedangkan desa dengan jumlah calon minimal 2 masing-masing Desa Pangkungparuk dan Tukadsumaga, Kecamatan Gerokgak. Sisanya, Desa Sepang Kelod, Kecamatan Busungbiu 3 calon, kemudian Desa Dencarik, Kecamatan Banjar dengan 4 calon, Desa Sidatapa, Kecamatan Banjar dengan 3 calon, Desa Sangsit, Kecamatan Sawan 3 calon, dan Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula dengan 3 calon. Sedangkan jumlah pemilih terbanyak ada di Desa Bondalem dengan 11.226 pemilih, dan jumlah pemilih paling sedikit ada di Desa Sepang Kelod sebanyak 2.357 pemilih. *k19

Komentar