nusabali

Satlantas Polres Buleleng Bagi-bagi Helm

  • www.nusabali.com-satlantas-polres-buleleng-bagi-bagi-helm

Sejumlah pengendara sepeda motor yang membonceng anak-anak tanpa menggunakan helm di seputaran simpang empat Jalan Diponegoro, Rabu (13/9) lalu langsung dihentikan personel Satlantas Polres Buleleng. 

SINGARAJA, NusaBali
Puluhan helm pun dibagikan kepada anak-anak yang dbonceng tanpa menggunakan helm oleh orangtuanya. Kasat Lantas Polres Buleleng, AKP Adi Sulistyo Utomo mengatakan bahwa aksi bagi-bagi helm ini adalah upaya untuk menydarkan betapa penting keselamatan berlalu lintas. Apalagi pemakaian helm merupakan satu hal yang wajib dan sangat penting digunakan saat berkendara.

Kali ini yang disasar adalah anak-anak, dengan tujuan menanamkan kesadaran keselamatan dalam berlalu lintas sejak dini. “Kali ini kami sasar anak-anak, agar mereka paham lebih awal dna selalu mengingatnya ketiga naik kendaraan, penanaman keselamatan lalau lintas sejak dini,” kata AKP Adi.

Aksi kepedulian terhadap pelajar dalam keselamatan berlalu lintas juga diintenskan melalui sosialisasi ke sekolah-sekolah. Hal tersebut pun dipengaruhi oleh angka kecelakaan lalu lintas di Buleleng tertinggi dialami oleh pelajar dan masyarakat usia produktif. Sehingga memerlukan upaya penyadaran yang lebih gigih lagi di kalangan mereka.

Selain itu aksi yang sama juga dilakukan kepada sejumlah tukang ojek yang ada di Buleleng. Helm berstandar SNI tersebut ditekankan wajib digunakan. Apalagi tukang ojek kesehariannya penuh berada di jalan. Helm ber-SNI disebutnya memiliki tingkat keselamatan dan kenyamana jauh lebih tinggi dibandingkan dengan helm yang tidak ber-SNI. Sehingga jika terjadi kecelakaan lalu lintas dapat melindungi kepala dengan maskimal. Aksi tersebut juga disebut sernagkaian HUT ke 62 Satuan Lalu Lintas Polri.

Sementara itu  Ketut Yudha Atmaja pelajar kelas II SMPN 6 Singaraja, salah satu penerima helm gratis dari Satlantas Polres Buleleng, mengaku sangat senang mendapat hadiah helm langsung dari polisi. Ia pun berjanji untuk selalu mengunakan helm pengaman saat diantar oleh orang tuanya ke sekolah. “Senang saya mendapat helm langsung dari pak polisi, saya akan pakai terus untuk keselamatan dan keamanan,” ungkapnya. *k23

Komentar