nusabali

Masyarakat Getasan Ikuti Simulasi Bencana Longsor

  • www.nusabali.com-masyarakat-getasan-ikuti-simulasi-bencana-longsor

Longsor terjadi Desa Getasan, Kecamatan Petang, Senin (28/8).

MANGUPURA, NusaBali

Sejumlah masyarakat menjadi korban dalam bencana longsor tersebut. Beruntung petugas sigap, sehingga para korban cepat mendapat pertolongan.

Longsor di Getasan tersebut merupakan gambaran simulasi bencana yang dilaksanakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung. Simulai ini melibatkan warga setempat, pihak Kecamatan Petang, Desa Getasan, Pustu, aparat kepolisian/TNI, dan BPBD Badung. Hampir 200 orang terlibat dalam simulasi kali ini.

“Simulai bencana longsor kami lakukan dalam rangka pembentukan desa tangguh bencana. Selain di Getasan, simulai juga akan diselenggarakan di desa lainnya,” kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Badung I Wayan Netra. Tujuan simulasi adalah pengurangan risiko bencana saat bencana benar-benar terjadi.

Selain Getasan, desa lain yang sudah menggelar simulai adalah Desa Carangsari, Bongkasa Pertiwi, dan Sangeh. “Karena kami target pembentukan enam desa tahun 2017. Dua desa lagi yakni Desa Ayunan, akan kami gelar simulai besok (hari ini), dan Desa Bongkasa pada 30 Agustus 2017,” imbuhnya.

Dikatakan, saat ini di Badung dari 62 desa/kelurahan, sudah terbentuk desa tangguh bencana sebanyak 21 desa/kelurahan. “Kami menargetkan pada tahun 2021 nanti seluruh desa/kelurahan sudah terbentuk desa tangguh bencana. Karena ini sesuai dengan visi misi bupati,” tegasnya.

Hal serupa disampaikan Kepala BPBD Badung I Wayan Wijaya. Ia berharap melalui simulai bencana seperti ini, masyarakat dapat memahami apa yang harus dilakukan saat betul-betul bencana terjadi. Dengan begitu, diharapkan dapat mengurangi risiko bencana. *asa

Komentar