nusabali

Delapan Dadia di Telaga Gelar Ngaben Massal

  • www.nusabali.com-delapan-dadia-di-telaga-gelar-ngaben-massal

Delapan dadia menggelar upacara ngaben massal mengupacarai 33 sawa di Banjar Telaga, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem. 

AMLAPURA, NusaBali
Ngaben digelar di Setra Desa Pakraman Sibetan, Banjar Adat Kreteg, Desa Pakraman Sibetan, Kecamatan Bebandem, Karangasem,  yang puncaknya pada Redite Wage Landep, Minggu (27/8).

Prosesinya dipuput Ida Pedanda Gede Pasuruan dari Gria Kawan, Banjar Brahmana, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem. Delapan dadia yang menggelar ngaben missal adalah Dadia Tangkas Dulu, Dadia Tangkas Wesiki, Dadia Tangkas Telutug, Dadia Tangkas We Susun, Dadia Tangkas We Gerudug, Dadia Tangkas Bulakan, Dadia Kebon Tubuh, dan Dadia Dukuh Suladri.

Bade beserta iring-iringan sekah dan perlengkapan ngaben lainnya ‘bergerak’ mulai sekitar pukul 12.00 Wita dari Banjar Telaga, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem menuju Setra Desa Pakraman Sibetan sejauh sekitar 5 kilometer. 

Jro Made Alon dan I Wayan Sutarka selaku Ketua Panitia, mengatakan, krama yang ikut ngaben per sawa dikenakan biaya Rp 5 juta. Biaya itu satu paket untuk upacara ngeroras (ngaben tahap kedua), yang puncaknya pada Saniscara Paing Ukir, Sabtu (9/9). 

“Rencananya ngaben massal rutin dilaksanakan, tergantung situasi. Jika telah ada jumlah sawa yang cukup, upacara tersebut kembali digelar,” ujar Jro Made Alon. * k16

Komentar