nusabali

Wabup Sanjaya Sembahyang di Pura Besi Kalung

  • www.nusabali.com-wabup-sanjaya-sembahyang-di-pura-besi-kalung

Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya sembahyang di Pura Besi Kalung, Desa Pakraman Utu, Desa Babahan, Penebel, Tabanan pada Wraspati Umanis Sinta, Kamis (24/8).

TABANAN, NusaBali
Sebelum sembahyang, Wabup Sanjaya melihat denah penangkilan di Pura Besi Kalung agar dapat menghafal nama-nama palinggih di pura tersebut. Wabup Sanjaya didampingi Camat Penebel IGA Supartiwi dan tokoh masyarakat juga menyempatkan menengok tanaman di kawasan pura.

Secara khusus, Wabup Sanjaya meminta kepada panitia dan masyarakat di Desa Babahan untuk tidak menebang pohon sembarangan. Harapan lainnya agar Pura Bunut Ningkang di lokasi itu dijadikan wisata spiritual. “Wisatawan dan pamedek diberi informasi sejarah pura. Sehingga mereka mendapatkan pengetahuan dan mengerti sejarah pura ini,” pintanya. Sementara jalan menuju Pura Bunut Ningkang diperbaiki dengan pemasangan paving.

Bendesa Adat Utu, Nengah Setiawan mengatakan, piodalan di Pura Besi Kalung pada Buda Kliwon Sinta bertepatan dengan Pagerwesi. Rangkaian pujawali nyejer selama tiga hari atau disineb pada Saniscara Pon Sinta. Tak hanya saat pujawali, setiap hari pemedek yang tangkil ke Pura Besi Kalung mencapai 2.500 orang dari seluruh Bali. Dijelaskan, Pura Besi Kalung bermakna pagar diri atau panyengker. Luas areal Pura Besi Kalung sekitar 15 hektare dengan 16 pura lain di sekitarnya. *k21

Komentar