nusabali

Wabup Sanjaya Mendem Pedagingan di Merajan Agung Pasek Gelgel Piling

  • www.nusabali.com-wabup-sanjaya-mendem-pedagingan-di-merajan-agung-pasek-gelgel-piling

Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya menghadiri karya mupuk pedagingan, mlaspas, pedudusan alit lan ngenteg linggih di Pura Merajan Agung Pasek Gelgel, Banjar Dinas Piling Kawan, Desa Mangesta, Kecamatan Penebel, Tabanan, Soma Pon Sinta atau Soma Ribek, Senin (21/8).

TABANAN, NusaBali
Wabup Sanjaya mengapresiasi kekompakan dan semangat gotong royong panitia dan  seluruh warga dalam melaksanakan karya. Selain sembahyang bersama, Wabup Sanjaya juga ngaturang sarin canang yang diterima panita setempat.

Ketua panitia acara, I Ketut Suadha melaporkan karya sudah dimulai dari tanggal 7 Agustus dan puncak karya pada Soma Pon Sinta. “Hari ini dilaksanakan mendem pedagingan, mlaspas, ngenteg linggih, pujawali, dan pawintenan pemangku. Sejak tanggal 7 Agustus diawali matur piuning, nanceb salon, ngadegang, mendak tirtha, mepasaran, metatah, melasti, mepepada, mecaru dan lainnya,” ungkap Suadha. Karya ini menghabiskan dana sebesar Rp 150 juta bersumber dari urunan para pengempon pura. “Masing-masing kepala keluarga urunan Rp 1,5 juta. Pura Merahan ini diempon 58 kepala keluarga,” imbuhnya. Mewakili wargi, Suadha mengucapkan terima kasih atas kepedulian Wabup Sanjaya dan Pemkab Tabanan. 

Sementara Ir Made Gunaja MSi yang mewakili Wakil Gubernur Bali Drs I Ketut Sudikerta turut berikan apresiasi. “Antara fisik dan jiwa harus seimbang. Karya sudah dilakukan, saya berharap secara diri atau fisik juga terus dibangun, khususnya generasi muda, karena generasi mudalah yang akan melanjutkan pembangunan,” ungkapnya. Karya Dewa Yadnya ini juga dihadiri Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Tabanan I Wayan Tontra, Danranmil Penebel Kapten Inf Yudha Wicaksono, Camat Penebel IGA Supartiwi, dan tokoh masyarakat setempat. *k21

Komentar