nusabali

Kelurahan Beratan Kompak Gapura Merah Putih

  • www.nusabali.com-kelurahan-beratan-kompak-gapura-merah-putih

Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 di Buleleng tidak hanya dihiasi dengan pemasangan bendera merah putih dan spanduk segala ukuran.

SINGARAJA, NusaBali

Seluruh gapura gang, rumah termasuk Kantor Lurah di Kelurahan Beratan, Kecamatan Buleleng kompak berwarna merah putih.

Seluruh warga setempat secara bergotong royong menyambut HUT RI dengan pengecatan tembok gapura sejak Jumat (11/8) lalu. Pengecatan pun dilakukan secara bertahap hingga pada Minggu (13/8) ruas jalan sepanjang Kelurahan Beratan akan terlihat nuansa kemerdekaan yang sangat kental.

Selain tembok gapura rumah, gang dan kantor lurah yang dicat menyerupai warna bendera, sebagian juga dipoleskan di trotoar. Hiasan Agustusan pun semakin semarak dilengkapi dengan bendera merah putih di sepanjang jalan.

Kepala Lingkungan Pandya Pura, Kelurahan Beratan, Nyoman Ngurah Suharta mengatakan bahwa persiapan menyambut HUT RI dilakukan secara swadaya oleh masyarakat. Dengan sistem gotong royong seluruh gapura dicat. Kebetulan kelurahan Beratan mendapatkan sponsor juga dari pihak ketiga.

Dengan keseragaman di gapura dengan warna cat ia pun berangan warganya dapat terus bersatu padu sesuai dengan slogan yang dimiliki oleh NKRI, Bhineka Tunggal Ika. Dengan warna merah putih yang merekah, disebut juga untuk selalu mengingatkan kepada generasi penerusnya untuk tetap menjaga nasionalisme yang belakangan ini banyak terkikis.

“Biar tambah semarak peringatan tahun ini, apalagi kalau cat itu lama hilangnya. Jadi kami berharap semangat kemerdekaan ini bisa hidup terus di hati warga kami,” ujar Suharta. *k23

Komentar