nusabali

Obat Herbal Kini Makin Diminati

  • www.nusabali.com-obat-herbal-kini-makin-diminati

Pengobatan alternatif dan obat herbal kini semakin banyak digunakan oleh masyarakat luas.

Pak Herbal Sosialisasikan Hidup Sehat Lewat Jalan Santai

DENPASAR, NusaBali
Obat herbal diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dampak atau efek samping obat herbal pun lebih kecil dibanding obat-obatan kimia. Meski demikian, masyarakat diminta cerdas dan teliti dalam memilih dan menggunakan obat herbal

Demikian dikatakan pakar pengobatan alternatif dan pengusaha obat herbal, Drs I Wayan Sudiara MPh di sela-sela kegiatan jalan santai Herbal Amrita 108, di kawasan Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala, Denpasar (Lapangan Renon) Minggu (23/7) pagi.

Menurut Wayan Sudiara, jika tidak dikonsumsi dengan benar, obat herbal justru akan  menjadi bumerang bagi penggunanya. "Prosesnya harus benar, mulai pembuatan, pemilihan bahan, hingga penggunaan atau konsumsi obat  herbal. Jika tidak benar, malah akan berdampak sebaliknya, seperti mengganggu fungsi ginjal.  Tapi jika digunakan dengan benar, obat herbal sangat bagus untuk menjaga kesehatan hingga  penyembuhan penyakit," ujar pria yang akrab disapa Pak Herbal ini.

Sudiara menambahkan, selama ini muncul informasi jika  berobat dengan obat herbal perlu waktu lama untuk sembuh. Hal ini, kata dia, tidak benar. "Jika prosesnya benar, ekstrak obat herbal langsung diserap tubuh sehingga penderita sakit bisa cepat sehat dan sembuh," kata Master Pengobatan Alternatif yang di tahun 2000-an sempat  membuka praktek pengobatan dan dijuluki Dukun Milenium.

Menurut Pak Herbal, dalam kehidupan, manusia dihadapkan kepada hambatan hidup yang disebut sakit. Nah, sebagai pencipta manusia, Tuhan sebenarnya sudah menyiapkan obat untuk sakit yang diderita manusia. Obat itu ada di alam. "Dalam kehidupan masyarakat Bali sendiri obat herbal sudah dikenal sejak dulu kala. Misalnya  saja penggunaan daun waru untuk membantu proses kelahiran bayi, penggunaan air kelapa agar  kulit bayi bersih, hingga penggunaan minyak kelapa untuk proses kelahiran bayi," ujar penulis  Buku Pintar Pengobatan Alternatif ini seraya mengajak masyarakat untuk kembali ke alam dengan menggunakan obat herbal, karena obat herbal mempunyai efek samping yang minim.

Sementara itu, ribuan orang ikut serta dalam kegiatan jalan santai pagi kemarin. Selain jalan sehat, peserta acara juga mengikuti senam zumba dan hiburan musik dangdut. Di ujung acara, dilakukan pengundian kupon dengan hadiah utama sebuah mobil yang berhasil diraih Kadek Suartini, warga Padangsambian Denpasar. *isu 

Komentar