nusabali

Situs Website OPD Bangli Kedaluwarsa

  • www.nusabali.com-situs-website-opd-bangli-kedaluwarsa

Sebab banyak posisi jabatan pada Diskominfo kosong. Terlebih pada posisi kosong itu, harusnya membidangi e-goverment (e-Gov).

BANGLI, NusaBali
Situs Web (website) dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bangli hanya jadi pajangan karena datanya kedaluwarsa. Website ini juga lama tidak di update. Beberapa website tampak terakhir diupdate pada tahun 2012 hingga 2014, hanya beberapa saja yang memiliki update tahun 2017.

Kondisi tersebut tidak ditampik oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Bangli Ni Wayan Manik, Jumat (23/6). Wayan Manik menjelaskan update website diserahkan kepada masing-masing OPD. Meski demikian karena adanya perubahan nomenklatur maka website juga diperbaharui.

Sehingga kini pihaknya saat ini masih melakukan re-design OPD yang mengalami perubahan. “Re-desain ini mengingat per tahun 2017, beberapa dinas yang semula berdiri sendiri, kini digabung, sehingga perlu adanya perubahan-perubahan,” jelasnya.

Diakui pula, lamanya perubahan tampilan situs OPD sendiri, lantaran terkendala sumber daya manusia (SDM). Sebab, banyak posisi jabatan pada Diskominfo Bangli yang kosong. Terlebih posisi yang kosong tersebut, merupakan orang yang membidangi e-goverment (e-Gov). “Beberapa posisi yang masih kosong, yakni 2 Kepala Bidang (Kabid), dan 5 Kepala Seksi (Kasi). Salah satu posisi yang kosong adalah kabid yang membidangi e-Gov,” ungkapnya.

Kemudian yang terisi di bidang e-Gov hanya terisi 1 kasi, yaitu Kasi Persandian, dan untuk Kasi Informasi Publik, posisinya kosong karena pegawai yang bersangkutan sudah pensiun dan belum ada pengganti. Untuk website, Pemkab Bangli sendiri tetap update, dan tetap membagikan ke sosial media. Sedangkan website OPD sendiri, dituturkan Manik, ke depannya akan kembali memberdayakan pengelola website itu. Meski sebelumnya OPD itu sudah pernah ada operator yang menglola web, dan sudah pernah dilatih. Hanya saja pihaknya tidak tahu, apakah pegawai tersebut masih berada di OPD yang bersangkutan, atau sudah dipindah ke OPD lain. *e

Komentar