nusabali

Jalan Santai Sambil Pungut Sampah di Jatiluwih

  • www.nusabali.com-jalan-santai-sambil-pungut-sampah-di-jatiluwih

Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya membuka kegiatan jalan santai serangkaian Jatiluwih Agriculture Festival di halaman parkir restoran Gong, Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Tabanan, Minggu (18/6).

TABANAN, NusaBali
Jalan santai ini diikuti lima sekaa teruna dari 5 desa di Kecamatan Penebel. Sambil jalan santai mereka diajak punguti sampah plastik. Uniknya, sebelum melepas peserta jalan santai, Wabup Sanjaya bersama anggota sekaa teruna Desa Jatiluwih sempat menabuh lesung atau ngoncang.  

Manajer DTW Jatiluwih, I Nengah Sutirtayasa mengatakan, sekaa teruna dari 5 desa di Kecamatan Penebel dilibatkan jalan santai untuk menambah keakraban. Tujuan lainnya berupa edukasi agar generasi muda makin mencintai lingkungan dengan tidak buang sampah sembarang. Sehingga saat jalan santai, mereka juga diajak memungut sampah plastik. DTW Jatiluwih juga meluncurkan program Berlin yakni bersih, lestari, dan nyaman dengan membangun tempat pembuangan sampah (TPS) di Banjar Babahan Kelod.  

Wabup Sanjaya mengapresi program Berlin yang diluncurkan manajemen DTW Jatiluwih. Diharapkan, masyarakat bisa mengelola sampah sehingga ada nilai tambah berupa pemasukan. Jika DTW Jatiluwih bebas sampah, diyakini pengunjung akan nyaman dan betah. Khusus kepada anggota sekaa teruna, Wabup Sanjaya berpesan agar menghargai alam dengan tidak buang sampah sembarangan. Generasi muda juga dimotivasi untuk menekuni pertanian demi kelestarian DTW Jatiluwih dengan pesona sawah yang indah. *k21

Komentar