nusabali

Waspadai Ketinggian Gelombang di Selat Bali

  • www.nusabali.com-waspadai-ketinggian-gelombang-di-selat-bali

Balai Besar Meterorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar mengimbau masyarakat yang beraktivitas di laut, untuk memperhatikan gelombang laut akibat tekanan udara yang tinggi. 

MANGUPURA, NusaBali
BBMKG memprakirakan tiga hari ke depan terjadi angin kencang dan gelombang laut yang tinggi. Kasubid Pelayanan BBMKG Wilayah III Denpasar Decky Irawan, mengatakan, yang perlu diwaspadai adalah ketinggian ombak di perairan selat Bali. Menurutnya, kecepatan angin berkisar antara 6 – 36 kilometer per jam dengan arah tiupan dari arah timu menuju tenggara.

“Angin kencang dan gelombang tinggi merupakan satu paket yang tak terpisahkan,” kata Decky, Jumat (16/6).

Decky menjelaskan angin bersumber dari daerah tekanan tinggi di Australia, menuju daerah tekanan rendah di utara ekuator. “Semakin besar perbedaan tekanan akan semakin besar kecepatan anginnya. Kondisi ini disebut angin gradient,” tuturnya.

Gelombang laut yang harus diperhatikan oleh masyarakat yang beraktivitas di laut adalah perairan selat Bali dan perairan selatan Bali. “Di perairan selat Bali tinggi ombaknya berkisar 0,75 – 3,5 meter. Sementara di perairan selatan Bali berkisar 0,75 – 3,0 meter. Kondisi ini masuk dalam kategori bahaya. Untuk masyarakat nelayan kami mengimbau untuk memantau perkembangan informasi dari kami,” ucapnya. *cr64

Komentar