nusabali

4.900 Bibit Buah Dibagikan kepada Petani

  • www.nusabali.com-4900-bibit-buah-dibagikan-kepada-petani

MANGUPURA, NusaBali - Pemkab Badung menyerahkan bantuan 4.900 bibit buah kepada petani melalui Subak Abian di BPP (Balai Pelatihan Pertanian) Abiansemal, Jumat (9/6).

Bantuan bibit buah tersebut dalam rangka menggerakkan perekonomian masyarakat pedesaan guna mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Sebanyak 4.900 bibit buah yang diserahkan kepada pertani terdiri dari 2.000 bibit Durian Cane, 2.000 bibit kelapa (Genjah, Gading, Hijau, Bulan), dan 900 bibit Alpukat Mentega. Ribuan bibit tersebut secara simbolis diserahkan oleh Kepala Badan Riset Daerah I Wayan Suambara mewakili Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa. 

Turut hadir Asisten Administrasi Umum Cok Raka Darmawan, Staf Ahli Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan IGA Agung Trisna Dewi, Kadis Pertanian Pangan Wayan Wijana, Inspektur Luh Suryaniti, Kabag Perekonomian AA Sagung Rosyawati.


Suambara mengatakan, bibit pohon buah yang diberikan oleh Pemkab Badung kepada petani bisa ditanam dengan baik kemudian dikembangkan oleh kelompok masyarakat petani di wilayahnya masing-masing. “Harapannya bibit ini bisa dikembangkan oleh kelompok masyarakat petani. Supaya sektor pertanian bisa menjadi pendukung perekonomian masyarakat setempat, khususnya yang ada di pedesaan,” ujarnya.

Dikatakan, peran strategis sektor pertanian sebagai basis penggerak perekonomian masyarakat pedesaan perlu dipertahankan dan ditingkatkan guna mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Sebagai salah satu strategi pemerintah Kabupaten Badung dalam mewujudkan target tersebut, lanjut Suambara, Bupati/Wakil Bupati Badung bersama Sekretaris Daerah meminta jajaran OPD bersinergi dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan untuk mendorong pertumbuhan sektor pertanian khususnya di Kabupaten Badung.

“Pemkab Badung sedang giat-giatnya memfokuskan pembangunan pada sektor pertanian. Kita tahu sektor pertanian ini sektor yang tidak akan pernah kendor dan tidak akan pernah hilang selama masih ada kehidupan. Oleh karena itu, Pemkab Badung dalam hal ini Bupati, Wakil Bupati, dan Sekda memberikan perhatian yang serius terhadap kelompok masyarakat yang bergerak di sektor pertanian,” ujarnya. 7 ind

Komentar