nusabali

Kecelakaan, Siswi SMP Cedera Kepala Berat

Berbusana Adat Bali, Naik Motor Tanpa Helm

  • www.nusabali.com-kecelakaan-siswi-smp-cedera-kepala-berat

Pengendara sepeda motor kalangan siswa meskipun setiap Kamis wajib berbusana adat, tetaplah memperhatikan keselamatan diri dengan memakai helm.

BANGLI, NusaBali
Kecelakaan tunggal terjadi di jalan raya, Banjar/Desa Yangapi, Kecamatan Tembuku, Bangli, Kamis (8/6). Seorang siswi kelas IX di SMPN 1 Tembuku, Ni Komang Ananda Prasista,14, asal Banjar Umbalan, Desa Yangapi, mengalami cedera kepala berat hingga dilarikan ke RSU Bangli.

Informasi dihimpun, Kamis pagi sekitar pukul 07.30 Wita, Komang Ananda ditemukan tergeletak di jalan raya dengan kondisi berdarah. Siswi kelas IX tersebut terkapar di sebelah sepeda motor miliknya. Warga yang melihat kejadian tersebut berupaya menolong dan melarikannya ke RSU Bangli. Saat itu, Komang Ananda hendak ke sekolah dengan mengendarai sepeda motor Honda Scoopy DK 6971 PN. Dia akan menghadiri acara kelulusannya di SMP tersebut.

Kanit Laka Satlantas Polres Bangli Ipda I Ketut Karya mengatakan telah menerima laporan. Pihaknya telah mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan olah TKP. Diakui, saat itu Komang Ananda dari rumahnya naik motor akan ke SMPN 1 Tembuku. ‘’Saat tiba di TKP, dugaan sementara, pengendara motor ini hilang konsentrasi hingga sepeda motornya terjatuh," jelasnya.

Saat kejadian, Komang Ananda tidak menggunakan helm. Siswi ini mengalami luka pada wajah, hidung dan telinga bersimbah darah hingga tidak sadarkan diri. "Pengendara ini mengalami cidera kepala berat (CKB). Kini sudah mendapat perawatan di RSU Bangli," ungkapnya.

Ipda Ketut Karya mengimbau kepada pengendara sepeda motor kalangan siswa meskipun setiap Kamis wajib berbusana adat, tetaplah memperhatikan keselamatan diri dengan memakai helm. "Meski berpakaian adat saat naik motor, para pengendara sepeda motor agar tetap memakai helm," tegasnya.

Kasubbag Hukum Humas dan Pemasaran RSU Bangli Sang Kompyang Arie S Wijaya, saat di konfirmasi, mengatakan Komang Ananda tiba di RSU Bangli dengan diantarkan oleh warga. Korban langsung mendapat penanganan oleh para petugas. Diketahui, siswi ini  mengalami CKB hingga mendapat penangan intensif di ICU. "Rencananya, anak ini akan dirujuk ke Sanglah, namun menunggu kondisi stabil," sebutnya. Sang Kompyang mengatakan kondisi Komang Ananda mengalami penurunan kesadaran.

Dihubungi terpisah, Kepala SMPN 1 Tembuku I Putu Eka Pradnyana mengatakan Komang Ananda merupakan siswi kelas IX di SMPN 1 Tembuku. Pihak sekolah mengetahui Komang Ananda mengalami kecelakaan dari warga dan juga kepolisian. Begitu mendapat kabar tersebut, pihak sekolah langsung menuju RSU Bangli. "Kami tidak tahu persis kejadian seperti apa. Dari pihak keluarga juga kondisi masih shock," sebutnya.

Menurut Eka Pradnyana, Kamis kemarin, sekolah melaksanakan pengumuman kelulusan untuk siswi kelas IX. Para siswi diminta hadir ke sekolah untuk meminimalisir kegiatan di luar sekolah. "Selain pengumuman kelulusan, ada pula sosialisasi informasi pendaftaran melanjutkan ke SMA maupun SMK," imbuhnya. Dia mengharapkan dukungan dan doa banyak pihak demi kesembuhan anak ini.7esa

Komentar