nusabali

Polisi Banjar Diminta Jadi Problem Solver

  • www.nusabali.com-polisi-banjar-diminta-jadi-problem-solver

MANGUPURA, NusaBali.com - Polisi Banjar pembantu Bhabinkamtibmas desa/kelurahan diminta menjadi agen pemecah masalah alias problem solver oleh Kapolsek Mengwi Kompol Nyoman Darsana saat memberikan pengarahan, Kamis (8/6/2023).

Pada Kamis pagi, Darsana mengumpulkan Bhabinkamtibmas dan Polisi Banjar di lingkungan Polsek Mengwi di Mapolsek Mengwi, Jalan I Gusti Ngurah Rai Nomor 110 Banjar Denkayu Delodan, Desa Werdi Bhuana. Apel dilakukan sebagai persiapan penugasan.

"Kedamaian dan kenyamanan masyarakat akan tercipta dengan kemampuan mengindentifikasi dan problem solving," kata Darsana.

Menurut perwira menengah Polri dengan melati satu di pundak, kamtibmas bakal tercipta apabila kemampuan membaca keadaan diterapkan dengan baik. Selain itu, keberadaan Polri di tengah masyarakat juga harus menjadi problem solver.

Untuk itu, para Bhabinkamtibmas diminta mengarahkan Polisi Banjar untuk segera menyesuaikan dengan lingkungan masing-masing. Kemudian, di saat bersamaan agar dapat secara cepat menjalin sinergi dengan perangkat desa di tingkat banjar.

"Segera menyesuaikan diri dengan lingkungan bertugas. Jalin komunikasi yang baik dengan kelian dinas, tokoh masyarakat, dan warga setempat. Kenali karakteristik wilayah," perintah Darsana ke jajarannya.

Keberadaan Polisi Banjar tidak terlepas dari tantangan gangguan kamtibmas yang semakin besar ke depan. Apalagi tahapan Pemilu 2024 sudah dimulai dan puncaknya tinggal menghitung bulan.

Diharapkan potensi gesekan dan keterbelahan di tengah masyarakat dapat terkendali dan diminimalisir mulai dari tingkat banjar. Di samping itu, citra Polri diharapkan semakin membaik dengan semakin dekatnya jajaran Bhayangkara ke tingkat terendah unit masyarakat. *rat

Komentar