nusabali

Perbaikan Jalan Rusak di Buleleng, BBPJN Alokasikan Rp 23 Miliar

  • www.nusabali.com-perbaikan-jalan-rusak-di-buleleng-bbpjn-alokasikan-rp-23-miliar

Ada tiga ruas jalan sepanjang 10 kilometer yang dijadwalkan akan diperbaiki tahun ini.

SINGARAJA, NusaBali
Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) memberikan suntikan anggaran untuk Pemkab Buleleng sebesar Rp 23 miliar. Anggaran itu diberikan untuk membantu perbaikan jalan rusak di Buleleng. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Buleleng I Putu Adiptha Eka Putra, Rabu (7/6), mengatakan kerusakan jalan di Buleleng cukup banyak. Pemerintah Kabupaten Buleleng dengan kondisi dan kekuatan keuangan daerah belum mampu untuk memperbaiki seluruh kerusakan. Perbaikan dan peningkatan jalan masih menggunakan skala prioritas.

Namun Dinas PUTR tidak mau menyerah. Usulan perbaikan jalan diusulkan ke pemerintah pusat. Salah satunya dijawab oleh BBPJN. Adiptha menerangkan sebenarnya usulan perbaikan jalan yang diusulkan total sepanjang 23 kilometer di beberapa ruas jalan dengan anggaran Rp 80 miliar. Hanya saja yang disetujui baru Rp 23 miliar untuk perbaikan 10 kilometer jalan.

Ruas jalan yang akan diperbaiki yakni ruas jalan Banjar Dinas Keduran Desa Madenan Kecamatan Tejakula, Jalan Pulau Menjangan, serta Jalan Pulau Seribu yang ada di Kelurahan Banyuning Kecamatan/Kabupaten Buleleng.

 “Mudah-mudahan tidak ada kendala sehingga 1 Juli mendatang sudah mulai dikerjakan. Memang dari usulan banyak ruas, baru tiga saja yang disetujui karena menghubungkan dua ruas jalan nasional dan jalan provinsi,” ucap Adiptha.

Menurutnya hal lain yang menjadi indikator yang mempengaruhi persetujuan seperti kesiapan Rencana Anggaran Biaya (RAB), Detail Engineering Design (DED) serta survei faktual. Bahkan survei faktur dilakukan langsung oleh BBPJN melihat langsung kondisi di lapangan.

Sementara itu jalan rusak lainnya di Buleleng diantaranya jalan penghubung Desa Bukti dengan Desa Tunjung di Kecamatan Kubutambahan, perbaikannya akan dialokasikan di APBD Buleleng. Saat ini sedang dalam proses pengusulan dan menunggu persetujuan Penjabat (PJ) Bupati Buleleng.

 “Perbaikan jalan yang mendapat prioritas itu nanti disiapkan di APBD Buleleng, sudah kami usulkan ke pak Pj Bupati,” terang Adiptha. 7k23

Komentar