nusabali

Rio Waida ke Putaran Lima ISA World Surfing 2023

  • www.nusabali.com-rio-waida-ke-putaran-lima-isa-world-surfing-2023

JAKARTA, NusaBali - Atlet selancar ombak Indonesia asal Bali Rio Waida melaju ke putaran kelima. Sedangkan langkah empat wakil Indonesia lainnya harus terhenti dalam ajang kualifikasi Olimpiade Paris 2024, ISA World Surfing Games 2023, di El Salvador.

Dalam perlombaan yang disiarkan langsung Asosiasi Surfing Internasional (ISA), pada Senin (5/6) dinihari Wita, Rio berlomba di Heat 4 bersama Lucca Mesinas asal Peru, Jesse Mendes dari Italia, dan Alonso Correa wakil Peru. Melalui dua catatan ombak terbaiknya 7.60 dan 6.60, Rio meraih total 14.27 poin. Nilai peselancar berdarah Indonesia-Jepang itu hanya selisih 0,99 poin dari Mesinas yang memimpin Heat 4.

Meski begitu, Rio berhak ke putaran kelima. Sayangnya, langkah mulus Olimpian Tokyo 2020 itu tidak diikuti wakil Indonesia lainnya I Ketut Agus. Berlomba di Heat 5, I Ketut Agus harus puas di urutan ketiga. Peselancar asal Bali itu harus melewati babak Repechage 6 untuk meneruskan perjuangannya merebut tiket Olimpiade Paris 2024.

Sedangkan pada putaran kelima, Rio akan berlomba di Heat 1 bersama tiga peselancar lain, yang salah satunya adalah Gabriel Medina --peselancar asal Brasil yang berpotensi jadi lawan berat Rio.

Medina memiliki sederet catatan kemenangan di WSL World Championships pada 2014, 2018, dan 2021, sementara Rio baru debut di WSL Championship Tour (CT) tahun ini.

Namun, Rio juga telah menorehkan sejumlah prestasi, salah satunya tembus 16 besar dalam ajang olahraga tertinggi di dunia. Rio juga meraih perak dalam ISA World Surfing Games 2022 yang digelar di Huntington Beach, California, AS, September lalu. Dia nyaris mengamankan satu slot putra di Olimpiade Paris 2024 setelah menempati peringkat kedua.

Sementara itu, empat wakil Indonesia lainnya terhenti langkahnya di ISA World Surfing Games 2023. Hairil Anwar, Lidia Kato, dan Kailani Johnson harus menyusul Taina Angel yang lebih dulu tersingkir dari ajang kualifikasi Olimpiade Paris tersebut, setelah gagal di babak Repechage. ant

Komentar