nusabali

DLH Klaim Baku Mutu Air Danau Batur Meningkat

  • www.nusabali.com-dlh-klaim-baku-mutu-air-danau-batur-meningkat

BANGLI, NusaBali - Pemkab Bangli menggalakkan penuangan cairan eco enzyme untuk menangani pencemaran di kawasan Danau Batur, Kecamatan Kintamani, Bangli. Pascapenuangan cairan eco enzyme secara bertahap, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangli mengklaim baku mutu air mengalami peningkatan.

Kepala DLH Bangli I Putu Ganda Wijaya mengatakan secara umum kondisi air di Danau Batur tergolong tercemar. Dengan penuangan eco enzim, nilai pH sudah mengalami peningkatan. Sebelumnya, PH sempat sampai 9, sekarang ada di kisaran 7 sampai 6 atau mendekati baku mutu standar.

"Dari hasil pemeriksaan sebelumnya, baku mutu atau pH air di Danau Batur cukup tinggi, yakni mencapai angka 9. Namun setelah dilaksanakan penuangan sebanyak 20 ton selama enam kali, ia mengaku sudah ada peningkatan baku mutu air di danau Batur," jelasnya, Minggu (4/6).

Terkait layak dan tidaknya air ini dikonsumsi, Ganda menyampaikan kelayakan tersebut tidak hanya mengacu pada indikator pH, melainkan parameter lain. "Secara umum, kualitas air di Danau Batur berada di kelas dua. Yang mana kualitas air di Danau Batur tidak begitu tercemar, tetapi tidak layak untuk langsung dikonsumsi, harus direbus terlebih dahulu," ungkap mantan Wadir di RSU Bangli ini.

Tambah dia, penuangan cairan eco enzyme masih akan dilakukan secara bertahap hingga Oktober 2023. Ditargetkan, air Danau Batur bisa mencapai baku mutu air berstandar berkualitas baik.7esa

Komentar