nusabali

Kebun Edukasi Manatabe Panen Perdana

  • www.nusabali.com-kebun-edukasi-manatabe-panen-perdana
  • www.nusabali.com-kebun-edukasi-manatabe-panen-perdana

MANGUPURA, NusaBali - Kebun edukasi program Manatabe (Masyarakat Tanam Cabai) dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung yang berada di kawasan Puspem Badung, panen perdana, Senin (5/6). Pada panen perdana kemarin tak hanya memanen cabai, tapi sekaligus terong.

Panen perdana kebun edukasi Manatabe dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa. Dia menyambut baik gagasan Dinas Pertanian dan Pangan menyulap halaman kantor menjadi kebun edukasi. 

“Ini memberikan contoh yang baik, dengan memanfaatkan lahan pekarangan yang ada bisa bercocok tanam sayuran dan cabai, sehingga hasil panennya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Selama ini banyak kita temukan beberapa lahan kosong yang ada di sekolah maupun di kantor tidak dimanfaatkan secara optimal,” ujar Adi Arnawa.


Sementara itu Kadis Pertanian dan Pangan Badung I Wayan Wijana, menjelaskan selain program Matanabe, juga memiliki program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) dan Sibertani untuk mendorong masyarakat memanfaatkan lahan-lahan yang tidak produktif menjadi bermanfaat bagi keluarga. 

“Kami terus mendorong agar lahan kosong di area perkantoran dan sekolah bisa dimanfaatkan menjadi kebun percontohan. Untuk memotivasi masyarakat agar gemar menanam sebagai upaya pemerintah untuk ikut menekan laju inflasi,” katanya.

Diakui, sebelumnya program Matanabe dengan tema ‘Dari Pekarangan untuk Keluarga Sejahtera’ sudah pernah dilakukan. Pada kesempatan itu, ada 4.000 pohon cabai dalam polybag dan pupuk organik yang diserahkan kepada warga Banjar Kuwum dan Muding Kelod. “Dalam menyukseskan program ini, kami juga memberikan bantuan cabai kepada subak dan masyarakat,” kata Wijana. 7 ind

Komentar