nusabali

Bye Bye Robinson! McDonald's Legendaris New Dewata Ayu Resmi Pamitan

  • www.nusabali.com-bye-bye-robinson-mcdonalds-legendaris-new-dewata-ayu-resmi-pamitan
  • www.nusabali.com-bye-bye-robinson-mcdonalds-legendaris-new-dewata-ayu-resmi-pamitan
  • www.nusabali.com-bye-bye-robinson-mcdonalds-legendaris-new-dewata-ayu-resmi-pamitan

DENPASAR, NusaBali.com - McDonald's legendaris berusia 28 tahun yang mentereng di sisi selatan Ramayana Robinson Jalan PB Sudirman resmi tutup pada Rabu (31/5/2023) lalu.

Setelah tenant utama Ramayana Robinson ini undur diri, pusat perbelanjaan legendaris ini akhirnya 'tidur' dengan mode penuh. Sebab, lini department store Ramayana sudah tidur lebih dulu sejak pandemi Covid-19 menyerang pada triwulan pertama 2020.

Pada Senin (5/6/2023) sekitar pukul 10.15 Wita, NusaBali.com mendapati beberapa pekerja sudah mempreteli bagian dalam restoran fast food favorit warga Kota Denpasar ini. Namun demikian, beberapa pelanggan masih terlihat datang meski langsung pergi ketika melihat pecahan tembok bata dan barang-barang lain menumpuk di area lobi.

Eks Manajer McDonald's New Dewata Ayu bernama Tangkas saat ditemui di lapangan menjelaskan, undur dirinya McDonald's Robinson dikarenakan habis masa kontrak. Di samping itu, tidak ada kesepakatan perpanjangan sehingga memori yang dimulai 1995 berakhir di 2023.

"Sales (penjualan) sebenarnya masih bagus dan cukup ramai. Tapi kontrak tidak diperpanjang jadi tutup dan mulai dibongkar aset di dalamnya," kata Tangkas kepada NusaBali.com di sela meninjau pembongkaran pada Senin siang.

Lanjut Tangkas, staf dari berbagai tingkatan di McDonald's New Dewata Ayu tidak ada yang di-PHK. Sekitar 30 pekerja itu disalurkan ke beberapa cabang McDonald's di berbagai wilayah di Denpasar dan sekitarnya. Para pekerja itu saat ini sudah efektif bekerja di tempat baru masing-masing.

Tangkas sendiri kini bertugas di McDonald's Jalan Kebo Iwa Selatan. Sementara staf teknisi yang dijumpai NusaBali.com di lokasi pada Senin pagi sudah pindah tugas ke McDonald's Jalan Nangka Utara. Pria yang akrab disapa Kadek itu mengaku sudah 24 tahun bekerja McDonald's New Dewata Ayu.

"Saya juga sedih ini karena sudah bekerja di sini 24 tahun. Lama sekali, dari masa jaya Robinson dulu, dari masih ramai sampai sekarang," tutur Kadek kepada NusaBali.com.

Kata Kadek, terlepas dari sales yang masih bagus, kondisi bangunan yang ditempati McDonald's saat ini sudah tua dan kurang terawat. Pria asal Kecamatan Mengwi, Badung ini menyebut lokasi McDonald's New Dewata Ayu sering bocor saat hujan deras sehingga sudah tidak ideal untuk beroperasi secara optimal.

Di lain sisi, Kepala Divisi Humas dan Promosi Ramayana Bali I Gusti Bagus Widiantara menjelaskan, McDonald's merupakan tenant paling lawas di Robinson. Sebab, McDonald's sudah ada di lokasi saat ini sebelum properti eks New Dewata Ayu itu dibeli oleh Ramayana Bali pada tahun 2001 silam.

"Jadi McDonald's masih memakai istilah New Dewata Ayu sejak saat itu. Mereka tidak mau mengubah image karena dulu yang lebih dikenal itu New Dewata Ayu," beber Widiantara kepada NusaBali.com saat dihubungi pada Senin sore.

Widiantara pun tidak menampik bahwa salah satu alasan McDonald's pamit karena kondisi gedung yang sudah sangat tua. Lanjutnya, kualitas gedung seperti itu membuat biaya operasional lebih tinggi. Apalagi, sudah tidak ada Robinson yang sebelumnya bisa mem-backup operasional McDonald's seperti suplai air dan lainnya.

"Kami belum bisa memastikan konsep dan akan bagaimana pengembangan properti Robinson setelah ini. Tapi memang ada wacana dari Ramayana Pusat, akan direnovasi besar-besaran. Sayang sekali kalau hanya didiamkan karena itu aset sendiri dan letaknya sangat strategis," tandas Widiantara. *rat

Komentar