nusabali

Airlangga: Rakernas Golkar Beri Mandat Ketua Umum Tentukan Calon Presiden

Caleg Wanita Diberi Kemudahan dalam Kampanye

  • www.nusabali.com-airlangga-rakernas-golkar-beri-mandat-ketua-umum-tentukan-calon-presiden

JAKARTA, NusaBali - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Golkar memberi mandat kepada ketua umum, untuk menentukan calon presiden dan calon wakil presiden pada Pemilu 2024.

“Untuk pemilihan presiden memberikan mandat kepada ketua umum menetapkan capres dan cawapres dan koalisi bersama Partai Golkar,” kata Airlangga di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Minggu (4/6/2023).

Kemudian, terkait dengan sistem pemilu, seluruh daerah dan ormas Golkar meminta agar pemilu dilakukan secara proporsional terbuka. Rakernas menugaskan kepada DPP untuk terus berjuang, agar sistem proporsional terbuka bisa diperjuangkan.

Selanjutnya, terkait dengan pemilu, di mana calon legislatif Partai Golkar disusun menurut alfabetis, diminta pada waktunya dibuat berdasarkan nomor urut.

“Nomor urut itu berbasis kepada PDLT yaitu prestasi, dedikasi, loyalitas, dan tidak tercela,” tandas Airlangga.

Selain itu, dari sayap pemuda dan wanita meminta agar diberikan kesempatan kepada pemuda dan wanita, dan khusus wanita diberlakukan kuota 30 persen.
“Untuk caleg wanita, diberikan kemudahan dalam kampanye,” imbuhnya.

Airlangga menegaskan Rakernas juga mengamanatkan seluruh ketua-ketua DPD, ketua umum Ormas hasta karya yang didirikan dan mendirikan, bertanggung jawab atas pemenangan pemilihan legislatif, pemilihan presiden dan pemilihan kepala daerah.

Airlangga meminta para kader untuk mencatat sejarah pada usia 60 tahun Partai Golkar di 2024.

“Di usia 60 tahun atau menuju enam dekade Partai Golkar, kita harus mengukur prestasi yang pernah dicapai, harus menjalankan pemenangan pemilu dan harus dapat mengukir sejarah Partai Golkar di Indonesia,” pesannya saat membuka rapat kerja nasional (Rakernas) di DPP Golkar, Jakarta, Minggu kemarin.

Airlangga menegaskan wajib hukumnya untuk merebut kembali kemenangan dalam pemilu presiden, pemilu legislatif, maupun pemilu kepala daerah pada tahun 2024.

“Golkar adalah institusi politik yang terbuka, demokratis, dan juga dari bawah ke atas. Partai Golkar solid dan utuh,” tuturnya.

Airlangga mengingatkan kembali, target kemenangan Golkar mengingatkan untuk Pemilu 2024, kemenangan sebesar 20 persen.

“Targetkan kemenangan pemilu legislatif 20 persen, kemenangan pemilihan kepala daerah (pilkada) 60 persen, kemenangan pemilihan presiden nomor satu,” katanya menegaskan.

Airlangga mengatakan Golkar merupakan partai yang memiliki ideologi karya kekaryaan. Sementara, partai berideologi karya kekaryaan yang diperebutkan 45-50 persen, yang dibagi oleh Golkar, NasDem, Gerindra, dan Demokrat.

“Karena pangsa partai besar, karya kekaryaan, tugas semua kader harus mengambil suara masyarakat,” tegasnya.

Rakernas Partai Golkar diikuti 450-an peserta terdiri dari Pengurus DPP Partai Golkar, Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI non Pengurus DPP Partai Golkar, Ketua Badan/Lembaga DPP Partai Golkar, Ketua Umum Ormas Hasta Karya dan Organisasi Sayap, Ketua, Sekretaris, Wakil Ketua Bidang Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan, Wakil Ketua bidang Pemenangan Pemilu DPD Partai Golkar Provinsi se-Indonesia, dan Kepala Badan Saksi Nasional Partai Golkar Provinsi se-Indonesia. 7 ant

Komentar