nusabali

Ganjar: Pengurus Ranting Ujung Tombak Pemenangan

  • www.nusabali.com-ganjar-pengurus-ranting-ujung-tombak-pemenangan

Megawati menginstruksikan pengibaran bendera banteng moncong putih nomor tiga di rumah masing-masing kader. Banteng moncong putih lambang semangat dan energi perjuangan.

JAKARTA, NusaBali
Bakal Calon Presiden (Bacapres) 2024 yang diusung PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo, menegaskan pengurus ranting (kelurahan/desa) adalah ujung tombak pemenangan Pemilu dan Pilpres 2024. Ganjar menyampaikan itu saat berpidato di acara Konsolidasi Akbar Pemenangan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2024 yang digelar DPD PDIP DKI Jakarta, di Hall Basket, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (4/6).

Di awal pidatonya, Ganjar menyapa satu demi satu para caleg dan kader dari pengurus cabang (kabupaten/kota), pengurus anak cabang (kecamatan), hingga pengurus ranting (desa/kelurahan) serta sayap partai PDIP di DKI Jakarta. “Pengurus ranting suaranya (saat disapa) paling keras. Jadi sudah pas kalau ranting akan menjadi ujung tombak perjuangan kita. Karena ranting yang paling tahu apa yang terjadi di sekitarnya,” kata Ganjar.

Dalam pidatonya, Ganjar menuturkan sebelum ke acara ini dia olahraga lari pagi di Glodok, Jakarta Pusat setelah tadi malam pulang dari Cirebon, Jawa Barat. Ganjar lari pagi ditemani anggota DPR RI dari PDIP Charles Honoris beserta kader PDIP DKI Jakarta lainnya.

“Tadi pagi saya keliling sambil berlari di sekitar Glodok. Bung Charles (Charles Honoris) menemani saya bersama teman-teman dari DPD. Kita bertemu masyarakat yang ada di gang dan warung kopi untuk bisa mendengar dengan lebih jernih apa yang menjadi suara rakyat dan apa yang mau dan diinginkan oleh mereka,” ucap Ganjar.

Mantan anggota Komisi II DPR RI ini menyebut, masyarakat bawah sangat ingin disapa dan mereka adalah pekerja keras untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. “Mereka tak muluk-muluk. Satu pingin disapa, kedua secara visual kita bisa melihat karena mereka harus bekerja dan menuhi kebutuhannya,” tandas Ganjar.

Gubernur Jawa Tengah dua periode itu pun menuturkan pada kesempatan di Glodok, dia sempat melihat pedagang warung kopi yang sudah ratusan tahun berdiri.

“Bung Charles mengajak saya melihat kuliner yang sudah cukup tua. Warung kopi 100 tahun, dan tukang cukur, juga klenteng yang sudah berumur tua,” tutur Ganjar.

Ganjar hadir di lokasi mengenakan peci hitam. Dia datang bersama Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres PDI Perjuangan (TKRPP-PDIP) Ahmad Basarah, Ketua DPP Bidang Pemuda dan Olahraga Eriko Sotarduga. Hadir pula Ketua DPD PDIP DKI Jakarta Ady Wijaya serta jajaran dan pengurus PAC hingga ranting PDIP se-DKI Jakarta.

Tak ketinggalan juga sayap partai dari Taruna Merah Putih, Banteng Muda Indonesia, Repdem, Baguna, Bamusi, BKN, dan lainnya. Begitu sampai, Ganjar disambut dengan tarian budaya khas betawi, diikuti yel yel dukungan ‘Ganjar Presiden’ yang menggema dipekikkan para kader. Selanjutnya diputar pidato Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang menyampaikan perintah harian kepada seluruh kader untuk turun memenangkannya.

Dalam perintah harian itu, Megawati mengatakan agar seluruh kader turun ke bawah menyapa akar rumput memenangkan Pemilu 2024. “Kibarkan bendera banteng moncong putih nomor tiga di rumah masing-masing. Banteng moncong putih lambang semangat dan energi perjuangan. Mari kita solid bergerak dengan api nan tak kunjung padam, menangkan Pemilu 2024. Lakukan dengan penuh disiplin,” ujar Megawati di video.

Ketua DPD PDIP DKI Jakarta Ady Wijaya mengatakan, dirinya mengapresiasi kader PDIP DKI Jakarta yang sangat luar biasa dan penuh semangat perjuangan ingin memenangkan Ganjar Pranowo sebagai Presiden. “Alhamdulillah kesolidan kita pertunjukkan di sini. Ganjar Presiden,” imbuh Ady Wijaya.

Dia menegaskan, bahwa PDIP DKI Jakarta siap berjuang memenangkan Ganjar. “Mudah-mudahan Pak Ganjar di 2024 bisa menang dan harus menang menjadi presiden. Atas perintah Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri dan Pak Sekjen Hasto Kristiyanto, kita harus hattrick menang pemilu dan pilpres. Siap?” kata Ady Wijaya. Teriakan Ady Wijaya mendapat respons dari ribuan kader PDIP yang hadir untuk siap memenangkan Ganjar.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, penetapan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden sudah didahului dengan dialog bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi). Untuk itu, seluruh kader dan relawan pendukung Ganjar tidak perlu ragu.

“Ibu Megawati Soekarnoputri pun berdialog dengan Bapak Jokowi sebelum menentukan Pak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Jadi tidak ada sedikit pun keraguan,” kata Hasto di hadapan ribuan kader yang hadir. Menurut Hasto, seluruh kader dan elemen masyarakat telah bergerak dalam waktu 44 hari terakhir, tepatnya bergerak setelah Ganjar ditetapkan sebagai bacapres 2024 oleh Megawati. 7 k22

Komentar