nusabali

Nusa Penida Nihil Kasus Rabies

  • www.nusabali.com-nusa-penida-nihil-kasus-rabies

SEMARAPURA, NusaBali - Dinas Pertanian Klungkung berusaha membatasi anjing yang masuk ke Kecamatan Nusa Penida, Klungkung untuk mencegah penyebaran rabies. Kecamatan Nusa Penida menjadi satu-satunya kecamatan di Gumi Serombotan nihil kasus rabies pada anjing.

Kadis Pertanian Klungkung, Ida Bagus Juanida mengatakan, sudah berkoordinasi dengan pihak pelabuhan agar memastikan penumpang yang membawa anjing ke Nusa Penida dalam kondisi sehat dan sudah divaksin. 

"Untuk penyeberangan dari Pelabuhan Padangbai, Karangasem, kami minta bantuan Balai Karantina agar mengawasi keluar masuknya anjing atau ternak ke Nusa Penida," ujar Juanida, Minggu (4/6).

Namun, pengawasan lebih sulit dilakukan di pelabuhan tradisional. Meskipun pengawasan telah dilakukan petugas dari Dinas Pertanian, namun tidak bisa selalu standby di pelabuhan. Sehingga Dinas Pertanian bekerja sama dengan pihak pelabuhan dan memasang pamflet. 

"Pencegahan rabies ini harus dilakukan oleh semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat," kata Juanida.

Hingga saat ini Kecamatan Nusa Penida nihil kasus rabies pada anjing. Hal ini tidak terlepas dari geografis Kecamatan Nusa Penida di kepulauan. Namun, upaya antisipasi masuknya virus rabies ke Nusa Penida tetap gencar dilakukan. "Vaksinasi rabies terhadap anjing di Nusa Penida terus berjalan," ujar Juanida.

Jika 80 persen populasi di suatu wilayah tervaksin, maka memiliki proteksi yang cukup untuk mengantisipasi penyebaran rabies. "Estimasi jumlah anjing di Klungkung mencapai sekitar 21.000 ekor," ungkap Juanida. 7 wan

Komentar