nusabali

Musim Panen Cengkih, Petani Waspadai Pencurian

  • www.nusabali.com-musim-panen-cengkih-petani-waspadai-pencurian

SINGARAJA, NusaBali - Memasuki musim panen cengkih, warga Desa Bengkel, Kecamatan Busungbiu, Buleleng, meningkatkan kewaspadaan saat menjemur maupun saat menyimpan cengkeh di rumah, guna menghindari tindakan pencurian.

Warga juga meminta aparat kepolisian meningkatkan patroli untuk mencegah peristiwa kriminalitas.

Hal tersebut disampaikan saat kegiatan Jumat Curhat yang digelar Polres Buleleng, Jumat (2/6) di Aula Kantor Desa Adat Bengkel, Kecamatan Busungbiu, Buleleng. Kegiatan tersebut digelar untuk mendengar aspirasi dan keluhan masyarakat baik yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban masyarakat atau permasalahan lain. 

Perbekel Desa Bengkel, Putu Artana mengatakan petani di desanya akan melakukan panen cengkih. "Sehingga perlu perhatian khusus maupun kewaspadaannya agar tidak terjadi kejadian pencurian cengkih, baik pada saat bunga cengkih masih di pohon maupun saat dijemur agar kering," ujarnya.

Meskipun sejauh ini belum ada laporan terkait kasus pencurian di tengah masyarakat, namun demikian untuk mengantisipasi hal itu, pihak desa sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisian Polsek Busungbiu. Pihak desa juga sudah siap untuk mengaktifkan kegiatan Sistem Keamanan Lingkungan atau Siskamling.

Sementara itu, Kabag SDM Polres Buleleng Kompol I Gede Juli yang menghadiri kegiatan tersebut menekankan pentingnya kerja sama antara masyarakat dengan pihak keamanan baik dengan pihak kepolisian maupun pihak keamanan didesa maupun di lingkungan, untuk menjaga wilayah lingkungan agar terhindar dari kejadian kriminalitas.

"Gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat bisa dan dapat dicegah dengan peningkatan kewaspadaan keamanan disekitar tempat tinggal. Nanti akan dilakukan peningkatan patroli dari Polsek Busungbiui ke Desa Bengkel untuk mencegah terjadinya kriminalitas baik terhadap pencurian cengkih maupun tidak pidana lainnya," jelasnya.

Di sisi lain, ia menambahkan jika terjadi persoalan yang sifatnya ringan, cukup diselesaikan melalui forum Sipandu Beradat. "Sehingga tidak semua permasalahan ditindak lanjuti melalui proses hukum, selesaikan dengan baik sehingga tetap terjalin hubungan sosial yang baik antar masyarakat," ucapnya. 7mzk

Komentar