nusabali

Ganjar Minta Relawan Dekati Generasi Z

Targetnya Menjaring Para Pemilih Pemula

  • www.nusabali.com-ganjar-minta-relawan-dekati-generasi-z

JAKARTA, NusaBali - Bakal calon presiden (bacapres) dari PDI Perjuangan untuk Pilpres 2024 Ganjar Pranowo berharap kolaborasi partai politik (parpol) dan para relawan tak hanya turun di grassroots. Melainkan juga bisa menjaring para swing voters dan pemilih pemula atau generasi Z. Alasannya, suara mereka perlu didengarkan pula.

"Masih ada suara yang kita dengar dari grassroots, dari para relawan. Saya ingin ada swing voters, suara yang bergeser-geser, yang itu tentu saja punya potensi untuk kita ajak bicara. Maka tolong bapak, ibu bisa berkomunikasi dengan mereka. Dan ada juga suara yang sangat besar yaitu pemilih pemula,” jelas Ganjar saat peresmian Rumah Aspirasi Relawan Ganjar Pranowo di Jalan Diponegoro Nomor 72, Jakarta Pusat, Kamis (1/6).

Menurut Ganjar, para pemilih pemula yang merupakan generasi Z adalah yang bisa didekati untuk didengarkan suaranya. Golongan yang masuk generasi Z tersebut antara lain adalah para skaters, para youtuber, kelompok yang suka coding, pemotong rambut, mereka yang berbisnis cuci sepatu, mereka yang punya hobi dalam komunitas olahraga seperti lari dan sepeda. "Itu lah generasi Z yang butuh mendapatkan tempat,” kata Ganjar.

Gubernur Jawa Tengah itu juga meminta agar parpol dan relawan bisa menyentuh suara masyarakat di desa. “Satu lagi mereka berada di desa, tapi belum kita sentuh. Saya titip betul. Siapa yang kemudian kita lakukan untuk kita dekati. kita ajak bicara, untuk menyuarakan pikirannya, adalah para perempuan dan perempuan muda yang ada di desa. Karena yang di kota relatif accessible  (dapat diakses,red) untuk semuanya,” ungkap Ganjar.

Foto: Suasana peresmian Rumah Aspirasi Relawan Ganjar Pranowo. -NOPIYANTI

Ganjar meminta pula agar kaum disabilitas didengar pula. “Saya terharu beberapa hari lalu dari Pangandaran, penyandang disabilitas naik motor roda tiga sampai ke Puri Gede, rumah jabatan saya di Semarang. Dia hanya ingin menujukkan hanya dengan satu kendang saja. Kemudian dengan karyanya, dia ingin perform di depan saya, saya terharu. Maka tolong perhatikan ini. Maka rumah ini akan kita jadikan sebagai bentuk permersatu,” jelas Ganjar.

Ganjar berharap di rumah aspirasi relawan itu, muncul pemikiran dan taktik hebat dalam memenangkan pilpres. Oleh karenanya, dia mengingatkan agar relawan tidak melakukan bully, tidak hoax, menyerang individu dan memecah belah. “Mari kita jemput kemenangan dengan elegan dengan penuh adab dan kita tunjukan demokrasi yang ada di Indonesia itu hebat,” tegas Ganjar.

Sementara Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres PDI Perjuangan (TKRPP-PDIP) Ahmad Basarah menyatakan, pihaknya bersyukur karena para relawan dan kalangan partai politik bisa hadir dalam peresmian sekretariat bersama. “Alhamdulillah, Puji Tuhan hari ini tanggal 1 Juni 2023 bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila, hari lahir dasar dan ideologi negara kita, sekretariat bersama yang menjadi pusat koordinasi relawan Pilpres Bapak Ganjar Pranowo diresmikan," kata Basarah.

Basarah menjelaskan, sekretariat bersama akan digunakan oleh partai pengusung Ganjar Pranowo dan cawapresnya sebagai sarana membangun spirit kerja sama dan gotong royong antara partai politik dan organ-organ relawan. Partai politik dan organ relawan pun, menjalin kerja sama dengan prinsip menghormati eksistensi masing-masing pihak. k22

Komentar