nusabali

SMPN 3 Selat Apresiasi Siswa Berprestasi

  • www.nusabali.com-smpn-3-selat-apresiasi-siswa-berprestasi
  • www.nusabali.com-smpn-3-selat-apresiasi-siswa-berprestasi

AMLAPURA, NusaBali - SMPN 3 Selat, Karangasem, mengapresiasi sejumlah siswa berprestasi. Apresiasi ini melalui acara pelepasan siswa kelas IX di Banjar Geriana Kangin, Desa Duda Utara, Kecamatan Selat, Karangasem, Rabu (31/5).

Kasek SMPN 3 Selat I Komang Gede Sudarsana yang memimpin acara pemberian penghargaan itu, kepada siswa kelas IX yang meraih juara umum I, juara umum II, juara umum III, dan juara kelas di 7 kelas. "Ini apresiasi untuk siswa berprestasi, kami lakukan setiap tahun, untuk memotivasi adik-adik kelasnya," jelas I Komang Gede Sudarsana.

Paraih prestasi itu semuanya siswi, yakni juara umum I Ni Kadek Kusuma Widarsih kelas IX/A dengan skor 1.033, juara II Ni Luh Putu Arista Suryantini kelas IX/A skor 1.031, dan juara III Ni Nengah Riska Diantari kelas IX/B skor 1.029.

Sekolah jug menobatkan siswa berprestasi di tiap kelas di 7 kelas, juara I, juara II dan juara III, juga dari kalangan siswi mendominasi prestasi akademik itu. Dari 21 siswa hanya 7 putra meraih prestasi selebihnya putri. "Di sekolah ini memang lebih dominan putri yang berprestasi akademik, dan prestasinya konsisten dari kelas VII hingga kelas IX," jelasnya.

Bukan saja di bidang akademik, katanya, juga bidang non akademik banyak siswa berbakat, terutama baca puisi, nyanyi dan Pramuka. Acara pelepasan siswa kelas IX itu saja, persiapannya hanya dua hari lebih banyak merupakan kreativitas siswa, mulai dari membuat susunan acara, pengisi acara, hiburan yang akan tampil, dan yang lainnya.


Hadir dalam acara itu, Ketua Komite Sekolah Jro Mangku Darmika, Korwil Disdikpora Kecamatan Selat Jro Mangku Ketut Mertayasa, sedangkan pembawa acara Ketua OSIS I Komang Japa Wisesa.

Seluruh siswa kelas IX wajib hadir dengan mengenakan pakaian adat, Kasek SMPN 3 Selat I Komang Gede Sudarsana mengawali acara dengan mengalungkan medali kepada 239 siswa kelas IX sebagai kenang-kenangan dari sekolah. Berlanjut penyerahan penghargaan kepada siswa berprestasi dan terakhir acara hiburan.

Ni Kadek Kusuma Widarsih peraih juara umum I yang merupakan alumnus SDN 1 Duda Timur, Kecamatan Selat, mengaku bangga atas prestasinya. Dia makin termotivasi untuk meraih cita-cita jadi dokter. "Saat duduk di kelas VII juga saya meraih juara umum, ini gelar keduakalinya," jelas siswi asal Banjar Ketket, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat.

Peraih juara Umum II Ni Luh Putu Arista Suryantini juga alumnus SDN 1 Duda Timur. Sedangkan juara umum III Ni Nengah Riska Diantari merupakan alumnus SDN 5 Duda Timur, Kecamatan Selat, walau prestasinya menurun tetap merasa bangga. Saat dia duduk di kelas VIII sempat meraih juara umum. "Tapi, secara kualitas prestasi akademik saya tetap stabil," ujar siswi dari Banjar Wates Kaja, Desa Duda Timur yang bercita-cita jadi polwan ini.7k16

Komentar