nusabali

Berikan Layanan Prima, Lapas Narkotika Bangli Launching 2 Produk Inovasi Terbaru

  • www.nusabali.com-berikan-layanan-prima-lapas-narkotika-bangli-launching-2-produk-inovasi-terbaru

BANGLI, NusaBali.com – Lapas Narkotika Kelas II A Bangli resmi melaunching 2 inovasi terbaru yakni Sistem Informasi Terpadu Lapastik (SIMPATIK) dan TRANSBAMBA pada Kamis (1/6/2023).

Kepala Lapas Narkotika Bangli, Agus Pritiatno berharap inovasi terbaru yang dihadirkan dapat menjawab tantangan dan tuntutan masyarakat untuk menghadirkan semangat pemasyarakatan.

“Kami selalu berupaya mempermudah akses layanan sehingga tidak ada lagi anggapan bahwa Lapas adalah instansi tertutup yang sulit diakses,” ujar Agus Pritiatno pada Kamis (1/6/2023).

Lebih lanjut ia terangkan, inovasi aplikasi SIMPATIK memiliki beberapa fitur terbaru yakni Home, Strategis dan Pendaftaran Kunjungan secara Online. Fitur Home dapat diakses oleh para keluarga narapidana untuk mengetahui tahapan masa pidana dari WBP, termasuk besaran remisi yang diperoleh dan tanggal bebas.

Sedangkan fitur Strategis dapat digunakan untuk mengetahui tahapan pengusulan integrasi sehingga adanya transparansi prosedur pengusulan integrasi. Fitur terakhir yakni pendaftaran kunjungan secara online yang berfungsi agar para pengunjung tidak perlu lagi mengantri ketika akan melakukan penndaftaran kunjungan.

Sementara, layanan TRANSBAMBA dijelaskan memiliki fungsi untuk mengantarkan para narapidana bebas ke stasiun terdekat. Sasaran layanan ini diperuntukan bagi narapidana yang tidak memiliki keluarga atau kerabat untuk menjemput ketika bebas. Sehingga dengan dibuatkannya layanan terbaru ini dapat membantu kebutuhan para narapidana.

Dalam kesempatan yang sama, hadir pula Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Bali, Gun Gun Gunawan yang turut mengapresiasi 2 inovasi terbaru itu. Ia menilai inovasi yang dihadirkan tak hanya sekadar mempermudah akses. Namun ia yakin, inovasi tersebut dapat sekaligus mendekatkan layanan kepada masyarakat sehingga berdampak langsung bagi penerima layanan.

Tak hanya itu, ia juga terkesan dengan hadirnya layanan TRANSBAMBA. Ia mengaku, selain memperhatikan masyarakat, Lapas Narkotika Bangli juga memberikan pelayanan prima kepada narapidana.

“Ini sebuah inovasi yang menunjukkan nilai-nilai luhur pemasyarakat yakni memanusiakan manusia. Semoga kehadiran TRANSBAMBA dapat menjadi terobosan layanan bagi mereka yang membutuhkan,” pungkasnya. *ris

Komentar