nusabali

Masih Ada Potensi Hujan Ringan, Tinggi Gelombang Bali Selatan Mencapai 2 Meter

  • www.nusabali.com-masih-ada-potensi-hujan-ringan-tinggi-gelombang-bali-selatan-mencapai-2-meter

MANGUPURA, NusaBali.com - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar memprediksi masih terdapat potensi hujan ringan di wilayah Bali bagian timur, tengah, dan selatan.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III Denpasar, Cahyo Nugroho menerangkan, hingga Jumat (2/6/2023) mendatang, secara umum prediksi cuaca di daerah Bali cerah hingga berawan.

Secara umum cuaca diprediksi cerah hingga berawan dengan suhu udara berkisar antara 22 hingga 32 celcius.

Sedangkan, angin umumnya bertiup dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan angin berkisar antara 4 hingga 40 kilometer per jam.

Sementara, tinggi gelombang laut di perairan utara Bali berkisar antara 0.25 hingga 1.5 meter, di perairan selatan Bali berkisar antara 1 hingga 3 meter, di selat Bali berkisar antara 0.5 hingga 2.5 meter dan di selat Lombok berkisar antara 0.75 hingga 2.5 meter.

Lebih lanjut ia terangkan, untuk masyarakat agar mewaspadai peningkatan kecepatan angin terutama di Bali bagian selatan serta potensi tinggi gelombang laut yang dapat mencapai hingga 2.0 meter atau lebih di selat Bali bagian selatan selat Badung, selat Lombok bagian selatan, dan samudera hindia selatan Bali.

“Kondisi ini disebabkan oleh suhu muka laut di sekitar wilayah Bali umumnya berkisar antara 26 hingga 30 derajat celcius. Selain itu disebabkan oleh massa udara basah terkonsentrasi dari lapisan permukaan hingga lapisan 850 mb atau 1.500 meter,” terangnya pada Selasa (31/5/2023).

Sesuai dengan kondisi tersebut, Cahyo mengimbau kepada masyarakat umum, nelayan dan juga pelaku kegiatan wisata bahari untuk mewaspadai potensi tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih di sekitar perairan selatan Bali.

“Masyarakat diimbau agar selalu memperhatikan informasi BMKG khususnya peringatan dini cuaca atau iklim ekstrem,” harapnya. *ris

Komentar