nusabali

Dinas PUPR Gercep, Turunkan Alat Berat

Jalan Setapak di Pantai Kuta Tergerus Abrasi

  • www.nusabali.com-dinas-pupr-gercep-turunkan-alat-berat

MANGUPURA, NusaBali - Jalan setapak di Pantai Kuta yang tergerus abrasi langsung disikapi oleh jajaran Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Badung. Dinas PUPR langsung gerak cepat (gercep) dengan mengerahkan alat berat untuk langsung menangani abrasi di kawasan tersebut.

Kadis PUPR Badung Ida Bagus Surya Suamba, menegaskan abrasi yang terjadi saat ini sedang ditangani oleh tim. “Sedang ditangani,” ujarnya melalui pesan singkat WhatsApp, Selasa (30/5) malam.

Dikatakan, penanganan yang dilakukan dengan menutup rongga pada bagian bawah jalan setapak dengan pasir. Menurutnya, upaya itu yang sejauh ini bisa dilakukan, sebab terjangan ombak besar tidak bisa diprediksi. “Kita kan nggak bisa stop ombaknya,” ucapnya.

Surya Suamba pun menegaskan akan memberikan perhatian ekstra untuk memelihara apa yang menjadi aset Pemkab Badung. Sebab ini menjadi salah satu tanggungjawabnya. “Pastinya Pemda Badung akan selalu memelihara infrastruktur pantai yang rusak,” tegas birokrat asal Tabanan ini.

Sebelumnya diberitakan, Pantai Kuta kembali mengalami abrasi dalam beberapa hari terakhir. Abrasi bahkan menyentuh jalan setapak yang baru selesai dibangun oleh Pemkab Badung. Jalan setapak yang terbuat dari paving itu nyaris ambles dan membahayakan wisatawan yang lalu lalang.

Jalan setapak yang terdampak abrasi berada di area Pantai Kuta atau bersebrangan dengan Jalan Popies I. Kondisi jalan setapak yang mengalami abrasi sekitar 3 meter. Meski terdampak abrasi paving masih utuh, namun permukannya sudah tidak rata lagi. Hal ini karena bagian bawah paving itu berongga.

Mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, para pedagang pun berinsiatif memasang penanda terbuat dari kayu dan plastik, sehingga wisatawan yang melintas lebih hati-hati. 7 asa

Komentar