nusabali

Forkopimcam Abiansemal Adu Keterampilan PBB Satlinmas

  • www.nusabali.com-forkopimcam-abiansemal-adu-keterampilan-pbb-satlinmas

MANGUPURA, NusaBali.com - Forkopimcam Abiansemal mengumpulkan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dari 18 desa se-Kecamatan Abiansemal untuk diadu keterampilan Peraturan Baris Berbaris (PBB) pada Selasa (30/5/2023).

Perhelatan hasil sinergi Pemerintah Kecamatan Abiansemal, Polsek Abiansemal, dan Koramil 1611-05/Abiansemal ini berlangsung selama dua hari hingga Rabu (31/5/2023) di Lapangan Pura Dalem Gede Desa Adat Abiansemal.

Setiap desa mengirim 25 orang anggota Satlinmas yang telah dilatih oleh masing-masing Bhabinkamtibmas Polri dan Babinsa TNI-AD. Di mana, 24 orang menjadi anggota peleton dan satu lagi menjadi komandan peleton atau danton.

Camat Abiansemal IB Putu Mas Arimbawa menjelaskan, kegiatan ini merupakan rangkaian Bulan Bung Karno yang berlangsung di bulan Juni nanti. Kata Mas Arimbawa, Kecamatan Abiansemal mendahului lima kecamatan lain di Badung untuk mempersiapkan diri di lomba serupa yang bakal digelar Polres Badung.

"Pada intinya ini bentuk sinergi Forkopimcam Abiansemal demi peningkatan kapasitas Satlinmas dalam mengemban tugas penegakan ketenteraman dan ketertiban umum atau trantibum," kata Mas Arimbawa kepada NusaBali.com di sela acara.

Di samping itu, perhelatan Pemilu 2024 juga menjadi perhatian khusus dalam peningkatan kapasitas terutama dalam hal kedisiplinan. Sebab, PBB sendiri memerlukan kerja sama, kekompakan, dan disiplin untuk menghasilkan gerakan yang rapi dan harmonis.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Badung IGAK Suryanegara menegaskan Satlinmas memiliki fungsi vital dalam pemerintahan desa. Untuk itu, lomba ini diharapkan bisa dipandang sebagai ajang memupuk kedisiplinan dan persaudaraan antar-Satlinmas di Kecamatan Abiansemal.

"Kegiatan ini jangan dilihat sekadar lomba tetapi salah satu cara untuk meningkatkan kedisiplinan. Juga memupuk persatuan internal Satlinmas di masing-masing desa," ujar Suryanegara saat memberikan arahan.

Di lain sisi, pada hari pertama kegiatan ini ada 9 desa yang mengirimkan Satlinmas mereka. Sisanya, akan bertanding pada Rabu sekaligus bakal diumumkan jawara yang mewakili Abiansemal di tingkat kabupaten lingkungan Polres Badung.

Selama perlombaan, masing-masing duta pun berusaha memberikan yang terbaik untuk menampilkan gerakan dasar PBB. Ada pula yang diramaikan yel-yel untuk memulai dan mengakhiri penampilan. Peleton yang memiliki yel-yel cenderung menyedot lebih banyak perhatian penonton.

Namun tidak jarang pula aksi para anggota Satlinmas yang bercampur dari generasi muda hingga pria bercucu ini mengundang tawa. Sebab, ada saja satu dua anggota peleton yang salah mengikuti aba-aba danton dan akhirinya berbuah jenaka. *rat

Komentar