nusabali

Safari Gemarikan di Desa Kukuh, Made Urip Bagikan 300 Paket Ikan Segar

  • www.nusabali.com-safari-gemarikan-di-desa-kukuh-made-urip-bagikan-300-paket-ikan-segar

TABANAN, NusaBali - Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Drs I Made Urip MSi, bagikan bantuan 300 paket ikan segar di wantilan Desa Adat Kukuh, Kecamatan Marga, Tabanan, Senin (29/5). 

Perluasan Safari Gemarikan ini untuk memerangi kasus stunting dan gizi buruk di Kabupaten Tabanan. Made Urip menyerahkan bantuan bersama Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (KKP). 

Hadir, Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali Putu Sumardiana, Kadis Perikanan Tabanan AA Ngurah Suryana, anggota DPRD Tabanan dari Fraksi PDIP Perjuangan I Putu Eka Putra Nurcahyadi, Putu Yuni Widiadnyani, dan Made Oka Winaya, dan Plt Camat Marga I Wayan Sudarya. Bantuan paket ikan segar dan sehat ini dibagikan kepada ibu hamil, lanjut usia, anak-anak, pasangan usia subur, dan tokoh masyarakat. 

Paket ini berisi ikan selungsung, ikan tongkol, dan olahan ikan berupa siomay dan nugget ikan. Sebelum membagikan paket ikan segar, Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan sosialisasikan pentingnya konsumsi ikan untuk mencegah stunting dan gizi buruk.

Made Urip mengatakan, Perluasan Safari Gemarikan merupakan kerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Program ini untuk mengentaskan angka stunting dan mengurangi gizi buruk di seluruh Indonesia, termasuk Tabanan. Bantuan ini juga untuk mengentaskan kemiskinan masyarakat dengan menggalakkan gemar makan ikan, terutama bagi anak-anak dan ibu hamil atau menyusui agar tingkat kecerdasan terus meningkat. 

Anggota DPR RI lima periode ini berharap generasi muda terus diberikan asupan gizi yang baik untuk mendorong bibit yang lebih unggul dan cerdas. “Potensi perikanan di Tabanan sangat luar biasa, seperti ikan lele yang gizinya seperti ikan Salmon,” ungkap Made Urip. Mantan anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI ini meminta gerakan makan ikan harus dilakukan terus menerus. 

Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali, Putu Sumardiana mengucapkan terima kasih kepada Made Urip dan Kementerian KKP yang telah memilih Bali sebagai sasaran bantuan paket ikan untuk menurunkan stunting dan gizi buruk di Bali. 

“Kami berharap Bapak Made Urip bisa terus melanjutkan bantuan ini dan diperluas di seluruh kabupaten/kota di Bali,” ungkapnya. Sumardiana mengatakan, mengkonsumsi ikan bagus untuk perkembangan otak dan mata, meningkatkan kesehatan otak, mencegah dan mengatasi depresi, mengurangi risiko lahir prematur pada ibu hamil, menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. 7 k21

Komentar